Home Featured 5 jenis teh dan manfaatnya

5 jenis teh dan manfaatnya

0
5 jenis teh dan manfaatnya

Teh seakan tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Selain dapat dijadikan jamuan untuk tamu, teh rupanya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, teh juga memiliki beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda pula, sehingga jenis teh apapun yang Anda pilih akan selalu baik untuk tubuh.

Beberapa jenis teh yang tersedia di pasaran untuk dikonsumsi meliputi teh hijau, teh putih, teh hibiscus hingga teh kamomil, yang merupakan bahan teh herbal dan mengandung flavonoids, bahan utama yang melawan kanker dan merelaksasi saraf. Tidak hanya kanker, teh juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan kafein pada teh memiliki kadar yang lebih rendah dibandingkan kopi. Teh juga kaya akan polyphenols yang mengandung flavonoids dan theanin, terutama jenis teh yang langsung diekstrak dari daunnya daripada jenis teh kemasan yang sudah memiliki tambahan ekstra kalori dan pemanis buatan. Nah, berikut adalah jenis teh dan manfaatnya:

1. Teh hijau
Teh hijau atau green tea selain dapat berguna untuk menurunkan berat badan, ternyata juga dapat menurunkan risiko pertumbuhan kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas hingga usus. Hal tersebut dikarenakan, teh hijau memiliki kandungan antioksidan.

2. Teh hitam
Jenis teh ini terbuat dari daun teh yang difermentasikan dan memiliki kandungan kafein yang tertinggi dari jenis teh lainnya. Kebanyakan teh hitam menjadi dasar dari berbagai teh dengan tambahan rasa seperti chai dan menjadi kandungan dalam teh instan. Teh hitam juga dapat melindungi paru-paru dari kerusakan akibat paparan asap rokok dan menurunkan risiko stroke.

3. Teh putih
Teh putih tidak mengalami proses fermentasi dan dipercaya memiliki kandungan antikanker tersolid dibandingkan dengan jenis teh lainnya yang sudah melalui proses pengolahan.

4. Teh oolong
Teh oolong sanggup menurunkan kadar kolesterol dan dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan dengan dikonsumsi secara rutin.

5. Teh pu-erh
Teh pu-erh terbuat dari daun teh yang sudah difermentasikan dan juga berumur. Bahkan, seringkali teh pu-erh dianggap sebagai teh hitam yang dapat membantu dalam menjaga keseimbangan berat badan serta mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.

Ditinjau oleh: dr. Janfrional

Sumber: meetdoctor.com/