Home Featured APJII sesalkan balon internet Google cuma kerjasama operator selular

APJII sesalkan balon internet Google cuma kerjasama operator selular

0
APJII sesalkan balon internet Google cuma kerjasama operator selular

apjii-sesalkan-balon-internet-google-cuma-kerjasama-operator-selular

+
Santer berita tentang kerja sama balon internet Google dengan tiga operator selular, Telkomsel, XL, dan Indosat itu ditanggapi Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza.

Menurutnya, secara umum pihaknya mendukung adanya teknologi baru yang diterapkan tersebut, tetapi diharapkan kerja sama itu juga diperluas ke seluruh Penyelenggara Jasa Internet (PJI) Indonesia yang berjumlah 350 penyelenggara.

“Sejak berdirinya APJII 19 tahun yang lalu, kendala mayoritas para PJI adalah infrastruktur terutama last mile untuk menyambungkan pelanggan. Hal ini terbukti dengan porsi penyebaran trafik di antara anggota APJII di mana 70 persen trafik dikuasai oleh 3 operator selular sedangkan 30 persen trafik diperebutkan oleh lebih dari 350 PJI,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (30/10).

“Tidak terbayangkan apabila akses penggunaan Balon Google ini hanya akan dibatasi pada 3 operator selular ini, maka ketiga operator ini akan semakin memperbesar porsi 70 persen nya dan semakin mempersempit kesempatan hidup lebih dari 350 operator PJI lainnya,” imbuhnya.

Sebagai catatan, operator selular dapat menyelenggarakan jasa akses Internet dengan menggunakan ijin Penyelenggaraan Jasa Internet yang juga dimiliki.

Jamal juga menghimbau pemerintah agar akses terhadap media infrastruktur terobosan seperti itu dibuka seluas-luasnya ke seluruh penyelenggara tanpa perbedaan.

Sementara itu, di sisi lain, kata dia, amat disayangkan bahwa mayoritas PJI ini tidak diikutsertakan dalam kerjasama ini. Sebab, pada bulan Juli 2015 APJII sudah secara langsung menanyakan ke Google mengenai keberadaan Project Loon ini untuk kepentingan anggota, namun dikatakan tidak tersedia.

Sebagai tindak lanjut, pihak APJII siap untuk berkomunikasi aktif dengan stakeholder terkait.

“Balon internet adalah terobosan luar biasa dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat apabila seluruh Penyelenggara Jasa Internet dapat menggunakannya untuk memberikan akses Internet ke masing-masing pelanggannya. APJII siap menjadi koordinator bagi 350 anggotanya dalam keikutsertaan uji coba Loon Project,” jelas Jamal.

+
Sumber : Merdeka.com