Home Regional Bali Bali Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ke-4 Kalinya

Bali Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ke-4 Kalinya

0
Bali Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ke-4 Kalinya

Kundur News – Denpasar – Secara berturut turut Pemerintah Provinsi Bali untuk ke-4 kalinya menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2016.

Hal ini diungkap anggota IV BPK RI, Prof DR Rizal Djalil, MM, dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali dengan agenda Penyerahan dan Penandatanganan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Bali kepada DPRD Provinsi Bali dan Gubernur Bali, Rabu (31/5).

“BPK dengan tidak ragu-ragu, dengan haqqul yaqin, menetapkan Wajar Tanpa Pengecualian,”tegas Rizal Djalil. Hal ini didasarkan pada pemeriksaan yang telah dilakukan BPK RI, menyatakan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bali Tahun 2016 telah disusun sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP) berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai, telah memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berpengaruh langsung dan material terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan, serta telah menyusun dan merancang unsur-unsur Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang memadai.

Dalam sambutannya Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan bersyukur atas capaian tersebut. “Kita semua patut bersyukur, LKPD tahun anggaran 2016 kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),”kata Pastika.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BPK RI dan jajarannya yang telah merampungkan hasil pemeriksaan LKPD Provinsi Bali, dan juga semua pihak yang telah berupaya keras dalam capaian opini ini. Ditegaskan capaian predikat opini WTP tersebut tidak mudah, diperlukan kerja keras dan dukungan semua pihak, terutama legislatif yang turut serta dalam melakukan pengawasan.

Pastika mengingatkan, capaian opini ini tidak dipandang sebagai prestasi administrasi yang normatif semata, namun lebih kepada penghargaan atas komitmen, integritas, profesionalitas, akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan Provinsi Bali. Capaian ini juga merupakan tantangan besar untuk terus mempertahankannya dengan kualitas laporan yang semakin meningkat.

Di bagian lain, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta didampingi Inspektur Provinsi Bali dihadapan wartawan memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja keras, iklas, cerdas, dan kerja tuntas dalam capaian opini WTP ini. Ditanya wartawan terkait isu yang berkembang, Ketut Sudikerta menegaskan bahwa capaian ini murni dari hasil kerja keras dari OPD Pemerintah Provinsi Bali.*