Home Regional Bali Erupsi Magmatik Gunung Agung Berlanjut

Erupsi Magmatik Gunung Agung Berlanjut

0
Erupsi Magmatik Gunung Agung Berlanjut

Kundur News – Denpasar – Erupsi magmatik Gunung Agung terus berlangsung. Erupsi magmatik ditandai dengan keluarnya asap dan abu berwarna kelabu dengan intensitas sedang dengan ketinggian kolom abu vulkanik sekitar 2.500 – 3.000 meter di atas puncak kawah. Sinar api dari lava teramati pada malam hari. Asap  condong ke barat data. Tremor masih menerus dengan amplitudo 1-2 milimeter dominan 1 milimeter.

BACA: Status Gunung Agung Dinaikkan Ke AWAS*

Status Awas (level 4). Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran perssnya yang diterima redaksi pada selasa, 28/11/2017.

PVMBG terus melaporkan perkembangan aktivitas vulkanik yang terus meningkat. Peluang terjadinya erupsi yang lebih besar menjadi semakin meningkat. Namun demikian tidak dapat dipastikan seberapa besar intensitasnya. Mengestimasi karakter erupsi Gunung Agung ke depan cenderung lebih sulit dari gunung lainnya karena tidak adanya data instrumental sebagai pembanding dengan erupsi sebelumnya.

Menurut Sutopo, sebaran abu vulkanik dominan mengarah ke barat daya. Hasil analisis citra satelit Himawari dari BMKG menunjukkan bahwa sebaran abu vulkanik ke arah barat daya, tertarik oleh Siklon Tropis Cempaka yang saat ini berada di Samudera Hindia di selatan Yogyakarta. Adanya pusat tekanan rendah ini menyebabkan abu vulkanik mengikuti gerak dari siklon tropis.

Sutopo mengungkapkan bahwa dampak langsung sebaran abu adalah terganggunya keselamatan penerbangan. Berdasarkan data analisa dan prediksi arah dan kecepatan angin dari BMKG pada 28/11/2017 pukul 02.00 – 08.00 WITA menunjukkan bahwa arah angin dari utara hingga timur laut dengan kecepatan 5-10 knot.

BACA: Gunung Agung Erupsi, Peringatan Penerbangan Dinaikkan Dari Orange Menjadi Red

Informasi SIGMET dari MWO Ujung Pandang menunjukkan bahwa abu vulkanik bergerak ke arah selatan – barat daya dan menutupi ruang udara di atas Bandara Internasiopnal I Gusti Ngurah Rai. Analisis pihak Airnav Indonesia Cabang Denpasar juga menunjukkan bahwa ploting area jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup oleh sebaran abu vulkanik.

BACA: Masyarakat Diingatkan Tetap Waspadai Erupsi Freatik Gunung Agung

Otoritas Bandara Wilayah IV Bali Nusra memperpanjang penutupan Bandara Bandara Internasiopnal I Gusti Ngurah Rai. Bandara ditutup hingga 29/11/2017 pukul 07:00 WITA. Evaluasi akan dilakukan per 6 jam. Sementara itu Bandara Internasional Lombok dibuka kembali mulai 28/11/2017 pukul 06:00 WITA, setelah sebelumnya mengalami penutupan.*

BACA: Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup Akibat Debu Vulkanik, AirNav Terbitkan…