Home Kepri Anambas Hari Terakhir Program ‘Goes to School’ Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (MIGAS) di Anambas

Hari Terakhir Program ‘Goes to School’ Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (MIGAS) di Anambas

0
Hari Terakhir Program ‘Goes to School’ Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (MIGAS) di Anambas
ke Lomba menulis berita SMAN 1 Siantan Timur

Anambas – Kunjungan tim dari perwakilan migas ke SMAN 1 Siantan Timur, merupakan kunjungan terakhir pada kegiatan  ‘Goes to School’ perusahaan base di Matak tersebut. Seperti pada pada sekolah-sekolah lainnya, pelajar pada  SMAN 1 Siantan Timur, dikumpulkan dalam ruangan untuk mengikuti lomba menulis berita.

Gabungan dari pelajar kelas XI dan XII  itu, sebelumnya mengikuti sosialisasi keselamatan bernelayan yang dilakukan oleh perwakilan gabungan perusahaan Migas yang memiliki base di Matak. Mereka kemudian menjadikan materi tersebut bahan untuk menulis berita.

Indah,  Kepala Sekolah SMAN 1 Siantan Timur mengatakan, dengan adanya lomba menulis berita, dapat memunculkan kembali budaya menulis di kalangan pelajar. Beberapa kelas pun, diakuinya telah mendapatkan pelajaran teknik dasar dalam menulis. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada perwakilan perusahaan migas yang memiliki base di Matak termasuk perwakilan awak media yang sudah meluangkan waktu untuk bisa hadir di Kecamatan Siantan Timur.

“Kami berharap program dan kegiatan ini masih berlanjut. Harapan kami juga, ada wartawan kecil yang di sekolah-sekolah sehingga memunculkan kembali budaya menulis,” ungkapnya.

Kegiatan ini pun, menurutnya merupakan kali pertama dilakukan di sekolah yang ada di Desa Nyamuk ini. Ia juga meminta sedikit gambaran mengenai profesi seorang jurnalis. Menurutnya, hal ini penting agar selain memberikan pengetahuan kepada pelajar, juga menumbuhkan regenerasi bagi peofesi wartawan itu sendiri. Sedikit yang diketahui pelajar ini kalau tugas wartawan salahsatunya membuat berita.

“Minat anak-anak tentang profesi wartawan ini cenderung tidak tahu. Padahal, sejatinya tugas wartawan juga mencari berita. Sudah barang tentu yang ditukis adalah berita fakta,” ungkapnya. Asril Masbah mewakili awak media di Anambas juga mengucapkan terimakasih kepada aemua pihak yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanalan kegiatan ini.

Dalam pemaparan yang dilakukan tim perwakilan perusahaan migas, pihaknya menjelaskan bahaya memancing dekat platform migas di lepas laut..

Selain di SMAN 1 Kecamatan Siantan Timur, sosialisasi dan lomba menulis ini juga dilakukan di SMAN 1 Palmatak pada tanggal 24 September dan di SMAN 1 Siantan pada tanggal 25 September 2018.*