Home Regional Bali Jelang Hari Raya Nyepi Harga Kebutuhan Pokok di Bali, Normal

Jelang Hari Raya Nyepi Harga Kebutuhan Pokok di Bali, Normal

0
Jelang Hari Raya Nyepi Harga Kebutuhan Pokok di Bali, Normal

Denpasar – Jelang Hari Raya Nyepi pada 28 Maret 2017 mendatang, Harga kebutuhan bahan pokok di Bali masih normal. Harga-harga kebutuhan pokok cenderung stabil dan tidak terdapat fluktuasi harga yang signifikan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali Ni Wayan Kusumawathi di sela-sela Pasar Murah di Parkir Timur, Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar.

Kusumawathi menjelaskan sudah saatnya mata rantai perdagangan semakin diperpendek. Satu sisi sebagai upaya untuk menghindari kenaikan harga yang fluktuatif. Pada sisi lain untuk memberikan keuntungan langsung kepada petani.

“mata rantai perdagangan dapat di perpendek, sehingga dari petani langsung kepada konsumen. Kemudian para petani mendapat keuntungan lebih banyak” jelas Kusumawathi.

Menurut Kusumawathi, jika jalur perdagangan dapat diperpendek maka lonjakan harga yang tidak terkontrol dapat diminimalisasi. Buktinya jelang Hari Raya Nyepi harga kebutuhan pokok cenderung stabil.

“Harapannya, Harga jelang Nyepi masih cukup stabil, bahkan harga cabai sudah mulai turun,” imbuhnya.

Terkait dengan pelaksanaan pasar murah, Kusumawathi mengatakan, kegiatan pasar murah atau pasar tani yang rutin dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pokok terlebih menjelang Hari Raya. Diharapkan pelaksanaan pasar murah kedepan melibatkan para petani atau pelaku UMKM.

Sedangkan Ketua Panitia Pasar Murah Ny. Ketut Wija mengatakan pelaksanaan Pasar Murah tersebut bekerjasama dengan Koperasi Pegawai “Praja” serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali. Diharapkan, dengan dilaksanakannya Pasar Murah tersebut dapat membantu masyarakat jelang Hari Raya. “Kegiatan ini merupakan serangkaian HKG ke 45 sekaligus juga untuk membantu masyarakat jelang Hari Raya Nyepi, Galungan dan Kuningan,” ungkap Ny. Ketut Wija.

Lebih lanjut, Pasar Murah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah di tengah melonjaknya harga kebutuhan pokok saat ini.

“Semoga dengan diselenggarakannya pasar murah ini dapat membantu masyarakat. Karena keperluan jelang hari raya cukup meningkat, sehingga dengan adanya pasar murah ini akan membantu meringankan beban masyarakat,” ujarnya.*