Home Kepri Anambas Kapolsek Palmatak Pimpin Patroli Rutin Pulau Terluar

Kapolsek Palmatak Pimpin Patroli Rutin Pulau Terluar

0
Kapolsek Palmatak Pimpin Patroli Rutin Pulau Terluar
Pulau Terluar Indonesia, di wilayah Kepulauan Riau

Kundur News, Anambas – Polsek Palmatak, Polres Anambas, melaksanakan giat patroli rutin pulau terluar “TOKONG BERLAYAR” yang terletak di Laut Anambas, perairan desa Payamaram Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, menggunakan kapal Pompong sewa milik warga, Sabtu (14/03/2020).

Sebanyak 18 Personil yang terlibat dalam patroli tersebut, dipimpin langsung Kapolsek Palmatak, Iptu M Arsha.

Profil Pulau Terluar Tokong Berlayar terletak pada Posisi 03′ 27″ 04°LU – 106′ 16″ 03° BT. Dengan luas wilayah 0,3 Km², Gestur wilayah terdiri dari batu dan pasir. Terdapat infrastruktur tower lampu suar dalam keadaan tidak terawat dan generator hibrid yang tidak berfungsi, Jarak tempuh dari pelabuhan ke Pulau kurang lebih 2,5 Mil, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 Menit.

Menggunakan kapal nelayan, Kapolsek Palmatak, Iptu M Arsha, Pimpin Patroli wilayah terluar Indonesia.

Iptu M Arsha, mengatakan, kegiatan patroli laut wilayah pulau terluar, merupakan kegiatan rutin Kepolisian Sektor Palmatak.

“Giat patroli rutin Polsek Palmatak diwilayah Pulau terluar. Seperti yang kita ketahui pulau-pulau wilayah terluar adalah gerbang kedaulatan yang harus kita jaga dari potensi gangguan oleh oknum terhadap infrastruktur di pulau tersebut,” tegas Kapolsek M Arsha.

Dikatakannya juga, kegiatan juga ditandai dengan peletakan prasasti dan pengibaran bendera, diwilayah pulau-pulau terluar.

“Patroli perairan disekitar pulau Tokong Berlayar yang merupakan salah satu pulau terluar  dan sebelah utara berbatasan langsung dengan negara tetangga Vietnam,” pungkasnya.*