Home Kepri Anambas Kunjungan Menkominfo Ke Anambas Dalam Meningkatkan Palaparing Barat, Permudah Akses Internet

Kunjungan Menkominfo Ke Anambas Dalam Meningkatkan Palaparing Barat, Permudah Akses Internet

0
Kunjungan Menkominfo Ke Anambas Dalam Meningkatkan Palaparing Barat, Permudah Akses Internet
kujungan kerja (kunker) Menkoinfo, Rudiantara di Anambas yang disambut Bupati Abdul Haris dan unsur pimpinan Muspida KKA, Senin (26/3).

Anambas — Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara, mengatakan pembangunan palaparing di Anambas bertujuan untuk meningkatkan kecepatan akses internet di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, sebagai mempermudah penghubung antara Anambas ke seluruh Indonesia.

BACA: Menkoinfo Janji Mulai Tahun Depan, Internet Tak Lelet Lagi

Hal itu disampaikannya pada kujungan kerja (kunker) di Anambas yang disambut Bupati Abdul Haris dan unsur pimpinan Muspida KKA, Senin (26/3).

“Palapa Ring Barat (PRB), kata Rudiantara, dibangun di Anambas untuk meningkatkan kecepatan akses internet, dan dipastikan bahwa akses internet melalui palaparing sudah harus terhubung di seluruh indonesia.” ujar Rudiantara.

Sementara itu, Bupati Abdul Haris, dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari beberapa pulau sehingga sangat dibutuhkan akses telekomunikasi guna merangkai atau menghubungkan masyarakat satu dengan yang lainnya.

”Kami harapkan Menkominfo agar memperhatikan kelancaran akses internet, sebab internet juga penunjang kegiatan di pemerintahan maupun masyarakat KKA.” ujarnya.

Anambas yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Brunei, sambung Haris lagi, sehingga sangat dibutuhkan akses internet dalam segi keamanan TNI-Polri.

Kujungan kerja Menkoinfo, Rudiantara di Anambas yang disambut Bupati Abdul Haris dan unsur pimpinan Muspida KKA, Senin (26/3).
Kujungan kerja Menkoinfo, Rudiantara di Anambas yang disambut Bupati Abdul Haris dan unsur pimpinan Muspida KKA, Senin (26/3).

Saat ini, menurut haris Telekomunikasi di Anambas didukung 23 tower yang telah dibangun provider, 7 tower Telinfo serta 7 tower oleh USO. Sementara akses internet VSAT bantuan dari Kemenkominfo sebanyak 76 titik yang tersebar di wilayah Anambas.

”Jumlah tersebut masih kurang, oleh karena itu, kami mengusulkan kembali penambahan sebanyak 39 titik untuk pembangunan VSAT sekolah, pelayanan publik 59 titik, dan 5 titik akses internet pada pelayanan kesehatan serta 6 titik akses internet di beberapa objek wisata,” kata Haris.

Sebelum bertolak meninggalkan Anambas untuk melanjutkan perjalanan ke kabupaten Natuna, Menkominfo berserta rombongan sambangi lokasi PT. Sacopa, Jln. Tg. Lambai desa Sri Tanjung KKA.*

BACA: Masyarakat Temukan Korban Penumpang KM Sabuk Nusantara 39