Home Gaya Hidup Kesehatan manfaat makan pare

manfaat makan pare

0

dapatkan-5-manfaat-sehat-ini-dengan-makan-pare

 

 

Pare memiliki reputasi yang buruk bagi beberapa orang karena rasanya yang pahit. Meski rasanya yang tak enak dan sangat pahit, namun pare termasuk sayuran yang menyehatkan. Bahkan sayuran pare telah digunakan sebagai obat sejak lama.

Pare mengandung nutrisi penting dan zat yang menyehatkan. Karena itu, jangan ragu mengonsumsi pare. Berikut adalah beberapa manfaat sehat yang bisa didapatkan dengan makan pare, seperti dilansir oleh Health Site (27/01).

1. Kesehatan pencernaan
Sayuran pare kaya akan cellulose, zat yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah masalah seperti konstipasi. Selain itu, pare juga mengandung zat antihelminthic yang membunuh cacing atau infeksi dalam perut.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pare kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, pare juga mengandung zat anti virus yang bisa memperkuat sistem imun serta mengaktifkan sel pembunuh yang melindungi tubuh dari penyakit. Ini membantu memperkuat respon anti peradangan pada usus.

3. Baik untuk pasien diabetes
Pare mengandung nutrisi bernama polypeptide P yang memiliki efek sama seperti insulin dan bisa menurunkan tingkat gula darah bagi pasien diabetes. zat lainnya dalam pare yang disebut vicine juga bisa menurunkan gula darah dalam tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan
sayuran pare mengandung lebih sedikit kalori yang bisa dijadikan pilihan oleh mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Selain itu, pare juga memicu lever untuk memproduksi cairan empedu. Cairan ini tentunya sangat penting untuk proses metabolisme lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa makan pare akan membantu menurunkan berat badan.

5. Menjaga kesehatan mata
Masalah kesehatan mata seperti katarak atau degenerasi makula akan meningkat ketika seseorang sudah berusia lanjut. Namun sayuran pare bisa mencegahnya. Pare mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin C dalam pare juga mencegah masalah pada mata yang disebabkan oleh proses oksidasi.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi pare. Pare memang memiliki rasa yang pahit. Namun dengan mengonsumsinya sesekali Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Jangan anti pada sayuran pare!

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sehat/dapatkan-5-manfaat-sehat-ini-dengan-makan-pare.html