Home Gaya Hidup Kesehatan Manfaat minum susu skim untuk kesehatan

Manfaat minum susu skim untuk kesehatan

0

4-manfaat-minum-susu-skim-untuk-kesehatan

Susu skim bisa menjadi pengganti yang baik dari susu murni bagi mereka yang sedang berdiet dan menghindari lemak atau kalori. Ini karena susu skim mengandung lebih sedikit lemak dan kalori dibandingkan susu biasa. Selain itu, susu skim juga mengandung banyak protein, thiamine, riboflavin, vitamin B12, dan mineral.

Jika Anda masih belum yakin dengan manfaat sehat dari susu skim, simak beberapa di antaranya berikut ini, seperti dilansir oleh Health Site (29/12).

1. Rendah lemak
Susu skim tidak mengandung krim seperti pada susu biasa. Ini membuat susu skim rendah lemak. Tak adanya lemak jenuh dalam susu skim akan mencegah penambahan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, susu skim rendah kolesterol dan membantu menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Tinggi protein
Susu skim mengandung lebih banyak protein dengan sembilan asam amino. Asam amino penting untuk membentuk otot tubuh. Berdasarkan penelitian, protein dalam susu skim membentuk otot lebih cepat dibandingkan dengan protein kedelai. Susu skim mengandung casein, protein yang mudah dicerna. Segelas susu skim bisa memberikan 8,5 gram protein pada tubuh.

3. Mengandung lebih sedikit kalori
Susu skim mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan susu murni. Satu gelas susu skim mengandung 71 kalori sementara susu sapi murni mengandung 160 kalori. Kebanyakan kalori pada susu skim adalah dari karbohidrat yang ada di dalamnya.

4. Kaya mineral
Susu skim kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti selenium, potasium, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor. Kalsium membantu membentuk gigi dan tulang yang kuat serta menjaga kesehatan otot. Sementara itu potasium penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi jantung.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang diberikan susu skim untuk tubuh. Namun jika Anda terbiasa mengonsumsi susu biasa, beralih ke susu skim bisa jadi hal yang sulit. Untuk awal Anda bisa menggunakan susu skim pada smoothies atau pada sereal.

(merdeka.com)http://www.merdeka.com/sehat/4-manfaat-minum-susu-skim-untuk-kesehatan.html