Home Featured Menteri KKP Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa

Menteri KKP Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa

0
Menteri KKP Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa
Mentri Susi di Natuna

Natuna – Untuk kesekian kalinya Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti menyambangi Kabupaten Natuna dengan agenda meresmikan Setra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Senin (07/10) Siang.

Turut hadir Duta Besar Norwegia,  Sekjen KKP RI, Dirjen Perikanan Tangkap, Kepala BKIPM, Koordinator Staf Khusus Satgas 115, Dirjen PDS, Kakorpolairud Baharkam Polri, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Ketua DPRD, FKPD, OPD, BUMN, Camat, Kepala Desa, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Pelaku Usaha Kapal Izin Pusat WWP 711, Koperasi Nelayan, Pelaku Usaha Nelayan, Siswa SMKN 1 Perikanan dan Siswa Sekolah Dasar.

Dalam sambutannya, Susi Pudjiastuti menjelaskan bahwa pembangunan SKPT Selat Lampa saat ini hampir rampung walau masih banyak fasilitas yang terus dibangun, namun sudah dapat beroperasi untuk memberikan pelayanan aktivitas terpadu bagi para nelayan.

Menurut Susi, keberadaan SKPT Selat Lampa diharapkan dapat membangun perekonomian daerah pada sector perikanan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Natuna. Untuk itu, fasilitas ini hendaknya dapat dikelola dengan baik dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi optimalisasi potensi perikanan daerah.

Untuk itu, Susi berharap Pemerintah Daerah dapat berkomitmen dalam mendukung  SKPT ini dengan melalui berbagai aktivitas seperti pelelangan ikan dan pemungutan retribusi dari kapal penangkap ikan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal berharap dengan diresmikannya operasional SKPT Natuna, akan memberikan peluang peningkatan pendapatan para nelayan khususnya

Hamid menjelaskan bahwa dengan keberadaan SKPT Selat Lampa, terjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana pada tahun 2016 pertumbuhan tersebut berada pada kisaran 3,5%, menjadi 5,8 pada tahun 2019.

Dengan diresmikannya pengoperasian SKPT kali ini, Hamid berharap terus terjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama melalui pengelolaan potensi kelautan dan perikanan daerah serta menambah pendapatan asli daerah.

Untuk itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Natuna, Hamid Rizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan perhatian dalam berbagai program kerja, baik pembangunan fisik, bantuan armada nelayan, asuransi dan santunan serta berbagai bentuk program lainnya.

Setelah meresmikan SKPT Selat Lampa secara resmi, Menteri KKP juga melaksanakan Penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA), menandatangani Berita Acara Penenggelaman KIA, penyerahan Berita Acara dari Kejari Natuna kepada Satgas 115, Penyerahan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta CSR BUMN bidang Perikanan berupa SIUP, SIPI, SIKPI kepada pelaku usaha WPP 711, dan terakhir melepas Ekspor Perdana Gurita dengan tujuan negara Jepang.*(Humas)