Home Featured NU Karimun Ziarah Makam Leluhur Keturunan Ketiga, Sempena HUT RI ke 73 dan Haul Akbar

NU Karimun Ziarah Makam Leluhur Keturunan Ketiga, Sempena HUT RI ke 73 dan Haul Akbar

0
NU Karimun Ziarah Makam Leluhur Keturunan Ketiga, Sempena HUT RI ke 73 dan Haul Akbar

KARIMUN – Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Karimun menggelar ziarah dan tahlilan di makam leluhur Raja Ishak, diikuti para tokoh masyarakat di bumi berazam bertempat di Masjid Al-Mubarak Kecamatan Meral, Rabu sore (15/8).

Ziarah dan tahlil pada makam Raja Ishak itu dipimpin langsung oleh Ketua NU Kabupaten Karimun, Jamzuri. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda haul akbar ke tiga di Kabupaten Karimun yang dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke 73 tahun.

“Rencana awal ziarah makam leluhur ini akan dilaksanakan di Gunung Jantan Teluk Lekup, karena sulit untuk dijangkau maka kita kita pindahkan kesini di makam Raja Ishak yang merupakan raja keturunan ketiga dari leluhur kita,” kata Jamzuri.

Makam leluhur Raja Ishak sudah ditelusuri lebih awal kepada para orang tua di Karimun, bahwa makam leluhur masyarakat Kabupaten Karimun yang pertama memang adanya diantara Gunung Jantan dan Gunung Betina yang berlokasi di Teluk Lekup. Namun direkomenasikan agar dapat ke lokasi yang lebih mudah dijangkau, tepatnya pada keturunan ketiga ada makam Raja Ishak yang merupakan keturunan dari Raja Penyengat, yang dipercaya turut membangun Karimun pada awal mulanya.

“Kegiatan kita di makam ini namanya ziarah ke makam leluhur, sebgaai tanda syukur kita kepada Allah dan terimakasih kepada beliau ini yang dulu telah berjuang di Karimun, sehingga Kabupaten Karimun ini ada. Tanpa perjuangan beliau tak akan ada Karimun. Memang semua atas kehendak Allah tapi berkat perjuangan beliau ini lah kita bisa berdiri di Kabupaten Karimun,” jelas Jamzuri.

Setelah ziarah makam leluhur, rencananya akan digelar acara puncak haul akbar ketiga yang dipusatkan di halaman rumah dinas Bupati pada Kamis pagi (16/8). Beberapa rangkaian yang akan dilaksanakan antara lain khatam Al-Quran dan zikir membaca 1000 kali kalimat thayibah dan bakal dihadiri beberapa habib dari Yogjakarta.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Muslimat NU Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani bersama beberapa pengurus.(*)