Home Kepri Anambas Rapat Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Anambas Tahun 2020

Rapat Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Anambas Tahun 2020

0
Rapat Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Anambas Tahun 2020

Anambas – Rapat Rekomendasi DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Anambas Tahun Anggaran 2020.

Rapat yang dibuka secara umum oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Hasnidar, dikatakannya, rapat berpedoman pada peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, pasal 19.

Kata dia, berdasarkan hasil keputusan rapat paripurna DPRD pada 5 april 2021 memutuskan bahwa, pembahasan LKPJ dibahas pada tingkat pansus, untuk mempersingkat waktu selanjutnya kepada juru bicara pansus kami silahkan untuk menyampaikan hasil rekomendasi DPRD tentang laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2020.

Setelah dibuka secara resmi oleh Hasnidar, dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi LKPJ tersebut oleh Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepulauan Anambas, Yusli, YS, S sebagai berikut :

Ketua Panitia Khusus (Pansus), Syamsil Umri yang juga menjabat Wakil Ketua I DPRD Anambas menyampaikan rekomendasi berikut ini.

Adapun rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Anambas Tahun Anggaran 2020 sebagai berikut.

“Dalam meningkatkan Bidang Ekonomi di Kabupaten Kepulauan Anambas, DPRD merekomendasi agar Pemerintah Daerah untuk tahun-tahun yang akan datang, harus mendorong nilai produksi perikanan budidaya, mengembangkan Objek — objek wisata dan menigkatkan program/kegiatan serta anggaran di sektor UMKM” ungkapnya, Jumat (23/4/2021).

Lanjut Syamsil Umri, kondisi kemiskinan di bandingkan tahun 2019 mengalami peningkatan, sebesar 0,12 poin namun tidak di sajikan dalam dokumen LKPJ Tahun 2020, untuk itu DPRD merekomendasikan agar pada tahun yang akan datang Pemerintah menyajikan data angka kemiskinan yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik.

Rapat Rekomendasi DPRD KKA

“DPRD merekomendasikan agar Pemerintah Daerah fokus pada program atau kegiatan yang dapat menurunkan angka kemiskinan dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru. Serta merekomendasikan Kepada pemerintah daerah untuk lebih optimal mempertahankan dan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) terutama pada Harapan Hidup saat lahir dan Harapan Lama Sekolah” tambahnya.

Selanjutnya, DPRD Anambas berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk dapat mengoptimalkan anggaran dibbidang pendidikan, kesehatan serta dapat membuat program yang tepat sasaran.*