Home Featured Speedboat Tujuan Tanjungpinang Kandas di Laut Pulau Terung, Moro, Sebanyak 60 Penumpang Dievakuasi

Speedboat Tujuan Tanjungpinang Kandas di Laut Pulau Terung, Moro, Sebanyak 60 Penumpang Dievakuasi

0
Speedboat Tujuan Tanjungpinang Kandas di Laut Pulau Terung, Moro, Sebanyak 60 Penumpang Dievakuasi
Kapal cepat, SB Karunia Jaya I tujuan Tanjungbalai Karimun ke Tanjungpinang kandas di karang lautan pulaun Terung Moro, Ahad, (19/08/18)

Moro – Sebuah kapal cepat, SB Karunia Jaya I tujuan Tanjungbalai Karimun ke Tanjungpinang kandas di karang lautan pulau Terung Moro, Ahad, (19/08/18), pada pukul 09:30 WIB. Sebanyak 58 orang penumpang dewasa, 2 anak-anak, berhasil dievakuasi.

Informasi yang berhasil dihimpun, speedboat itu kandas ketika dari Moro ke Tanjungpinang, juru mudi mengarahkan jalur dalam untuk menghindari angin kencang dan tingginya gelombang. Sesampainya di pulau Terung, kapal terkandas di batu karang.

Tim SAR gabungan dari Posal Moro, Posal Sugi, Polsek Moro dan Basarnas melakukan komunikasi dengan Kapten speedboat, selanjutnya mereka segera menuju ke lokasi speedboat dalam upaya penyelamatan, dengan menggunakan SB Karunia Jaya 3 dan SB Budi Jasa.

Laporan yang diterima dari Lanal Karimun, seluruh penumpang dipastikannya dalam keadaan selamat. 60 penumpang, ditambah satu Kapen dan lima ABK kapal.

SB Karunia Jaya I tujuan Tanjungbalai Karimun ke Tanjungpinang kandas
SB Karunia Jaya I tujuan Tanjungbalai Karimun ke Tanjungpinang kandas

Sebagian penumpang yang tetap ingin meneruskan perjalanan tujuan Tanjungpinang terpaksa harus melewati Sekupang Batam. Namun sebagian penumpang ada yang tidak jadi melanjutkan pelayaran memilih kembali ke Tanjungbalai Karimun.

Sementara Speedboat tidak bisa bergerak hingga menunggu air pasang naik, setelah beberapa jam, SB Karunia Jaya 1 akhirnya bergerak ke Tanjungpinang, untuk melakukan perbaikan atau Docking.

Dari peristiwa tersebut, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, menekankan bagi juru mudi agar dapat memperhatikan cuaca, alat-alat keselamatan pelayaran, sebelum melaksanakan keberangkatan.

“Apabila terjadi permasalahan di laut agar segera hubungi nomor telp/HP Hot Line Posal/Posmat terdekat,” pungkasnya.*