Wujudkan Semangat Masyarakat Dalam Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia

Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla), di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, M.Tr.(Han)
Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, M.Tr.(Han)

Natuna – Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) dari TNI Angkatan Laut, menggelar Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla), di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (11/05/18). Kegiatan dalam upaya mewujudkan Semangat Masyarakat Dalam Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia tahun 2018 itu, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, M.Tr.(Han).

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Kementerian/ Lembaga/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian Pemerintah Daerah guna meningkatkan peran TNI Angkatan Laut dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah pesisir.

Kadispotmar dalam amanatnya mengatakan, pembangunan pada sektor maritim hanya bisa dilakukan apabila Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki budaya maritim, laut sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan bangsa.

BACA: KRI Bung Tomo-357, Latihan Perkasa Operasi Laga Sagara-18 BKO Guspurlabar, di…

“TNI Angkatan Laut melalui pangkalan-pangkalan juga sudah melaksanakan pembinaan bersama kegiatan Pramuka Saka Bahari dan pembinaan olahraga Bindesir sebagai wahana pengembangan jiwa bahari dan karakter maritime, generasi muda”, ujar Kadispotmar.

Sementara itu kegiatan Bindesir ini berupa kegiatan fisik yang meliputi renovasi Masjid AL Kadur, renovasi gedung pertemuan Desa Air Payang, pembuatan MCK dan sumur air serta pemasangan tandown air di MTs, Renovasi TK Padamu Negeri di Desa Pala.

Dalam kegiatan Bindesir juga juga digelar pelayanan kesehatan masyarakat secara umum seperti pelayanan KB, khitanan, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, lingkungan hidup, bahaya narkoba serta wawasan kemaritiman kebangsaan
Dalam kegiatan Bindesir juga juga digelar pelayanan kesehatan masyarakat secara umum seperti pelayanan KB, khitanan, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, lingkungan hidup, bahaya narkoba serta wawasan kemaritiman kebangsaan

Dalam kegiatan itu juga juga digelar kegiatan pelayanan kesehatan masyuarakat secara umum seperti pelayanan KB, khitanan, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, lingkungan hidup, bahaya narkoba serta wawasan kemaritiman kebangsaan.

Dalam pada itu juga dilakukan penyerahan bahan kontak berupa sembako, peralatan olahraga, buku-buku bacaan dan Alquran serta kursi roda, pemutaran film Penerangan TNI Angkatan Laut dan hiburan masayakat.

Untuk lebih menggairahkan para generasi, juga dihadirkan sejumlah Alutsista TNI Angkatan Laut yakni KRI Teluk Cirebon (TCN)-543, KRI Bung Tomo (TOM)-357, KRI Teluk Hading (THG)-538, KAL Panda dan KAL Sengiap serta Pesud P852.

Previous articleKRI Bung Tomo-357, Latihan Perkasa Operasi Laga Sagara-18 BKO Guspurlabar, di Laut Utara Natuna
Next article61 Orang Terjaring Razia Pekat di Karimun, Beberapa Pasangan Mesum dan 5 ABG Diciduk di Kamar Hotel