LATEST ARTICLES

Pemuda Melayu Gelora Kundur Minta Baleho H Muhammad Rudi Dicopot

Tanjungbatu – Perkumpulan Pemuda Gelora Kundur (PPGK) minta baleho bergambar dan bertulis H Muhammad Rudi (Walikota Batam) yang terpasang diwilayah lapangan bola Gelora untuk dicopot atau dipindahkan. Menurutnya pemasangan baleho itu tanpa izin kepada warga atau pemuda Gelora Kundur. “Bukan hanya tanpa izin, pemasangan baleho belum saatnya karena belum masa kampanye,” ujar ketua Harian PPGK Iskandar melalui Humasnya, Jumadi, Senin (15/04/24). Sambungnya, mereka juga sepakat tidak akan mendukung H Muhammad Rudi sebagai bacalon Gubernur Kepri, karena sudah melukai saudara mereka sesama Melayu di Rempang, Batam. “Cara masuknya juga tidak santun, tanpa adat melayu dengan asalamualaikum, main comot saja. Kalau calon-calon lain silakan saja. Yang jelas kami menolak keberadaan baleho yang sudah terpasang tersebut karena kami tidak mau disamakan mendukung kebijakannya merelokasi suku Melayu di Rempang,” tambah Jumadi. Diketahui, baleho H Muhammad Rudi terpasang di lapangan bola Gelora pada 09 April 2024. Lapangan tersebut merupakan titik kumpul atau garis start umat muslim di Kundur dalam melaksanakan pawai malam Idul Fitri maupun sholat ‘Id. Pihak PPGK terus mencari tahu siapa yang melakukan pemasangan yang mereka duga dipasang secara diam-diam. Kesempatan itu juga Jumadi mengajak semua masyarakat melayu khususnya melayu pulau Kundur dan Melayu Kepri pada umumnya untuk terus bersatu. “Persatuan yang sudah ada saat ini untuk dapat terus ditingkatkan, mulai dari wilayah kami Tanjungbatu, kabupaten Karimun hingga Provinsi Kepri,” tutupnya.(*)

Sebut Pemda Tak Adakan Lomba Lampu Colok, Pemuda Gelora: Mungkin Yang Berkomentar Orang Buta Dan Tuli

Tanjungbatu – Pengurus Perkumpulan Pemuda Gelora Kundur (PPGK) bantah keras terhadap pemuda yang memberikan statmen di salah satu media atas nama pemuda Kundur bahwa Pemerintah tidak peduli dengan tidak diadakannya lomba lampu colok pada penghujung Ramadhan 1445H / 2024. Padahal lomba sudahpun usai dan pulau Kundur merupakan penyumbang peserta terbanyak di antara Kabupaten Karimun. “Sudah jelas-jelas kita juga ikut lomba dan pulau kundur ini peserta tebanyak, berani dia berkomentar tak ada lomba,” ujar Adi, Jumat, (12/04/2024). Dikatakannya juga pihak media juga harus profesional dalam mencari narasumber. “Jangan mencari narasumber yang yang pekak tuli sehingga tak mampu melihat dan tak mampu mendengar, apalagi memanfaatkan orang yang mengalami keterbelakangan mental,” tegas Adi.
Sejumlah Pengurus PPGK
Sejumlah Pengurus PPGK
Sebelumnya, disalah satu media online yang terbit tertanggal 10 April 2024, meyebutkan, salah satu tokoh pemuda Kundur berkomentar atas kekecewaannya terhadap pemerintah daerah karena tidak diadakannya lomba lampu colok di Kabupaten karimun. Atas nama Kundur tentu saja pemuda Kundur yang merasa legalitasnya lengkap merasa berang. “Kita merasa asli pemuda Kundur seolah-olah kita juga ikut terlibat berkomentar hal yang tidak benar. Siapa pemuda Kundur berinisial R,” tambah Iskandar. Data yang dihimpun dari dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Perlombaan Eid Mubarak Lampu Colok Ramadhan 1445H/2024 dimulai dari malam 21 Ramadhan. Peserta terdiri: KECAMATAN MORO Kampung Paya Panjang (kategori lampu colok) KECAMATAN MERAL Parit Rempak (kategori lampu colok) Paya Rengas RW 02 Parit Benut (kategori lampu elektrik) KECAMATAN TEBING Jalan MT Haryono Ranggam (kategori lampu colok) Perumahan BCI Blok D2 RT 01 RW 02 Bukit Carok (kategori lampu elektrik) Perumahan Balai Garden Kapling (kategori lampu elektrik) Pelambung RW 01 Desa Pongkar (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KUNDUR Jalan Parit Seratus RT 01 RW 01 Dusun II, Desa Sei Sebesi (kategori lampu colok) Jalan Sawang KM 8 (kategori lampu colok) Jalan Haji Sulaiman Tanjung Sari Poyo RT 01 RW 04 Gading Sari (kategori lampu colok) Jalan Gading RT 03 RW 01 (kategori lampu colok) Jalan Sawang KM 8 (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Tegak RT 03 RW 02 Desa Sei Sebesi (kategori lampu elektrik) Lapangan bola Gelora (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Muda RT 02 RW 04 (kategori lampu elektrik) Jalan A Rahman RT 02 RW 02 Dusun II Desa Lubuk (kategori lampu elektrik) Jalan Tanjung Sari RT 01 RW 04 Desa Lubuk (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Muda RT 02 RW 11 (kategori lampu elektrik) Jalan Sunaryo RT 01 RW 02 (kategori lampu elektrik) Jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Batu Kota (kategori lampu elektrik) Jalan Gading RT 01 RW 01 (kategori lampu elektrik) Jalan Jenderal Sudirman (kategori lampu elektrik) Batu Putih Gading Sari (kategori lampu elektrik) Jalan S Parman RT 02 RW 15 (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KUNDUR BARAT Jalan Padang Kundur RT 11 RW 05, Desa Kundur (kategori lampu colok) Jalan Mukalimus Sawang (kategori lampu colok) Dusun 1 Mengkuse alamat RT 01 RW 01 Desa Sawang selatan (kategori lampu colok) Dusun II KM 14 Sawang Selatan (kategori lampu colok) Selat Beliah Dusun I Desa Gemuruh (kategori lampu colok) Jalan Abdul Hamid Dusun II RT 20 RW 07 Desa Kundur (kategori lampu elektrik) KECAMATAN MERAL BARAT Desa Pongkar RT 02 RW 03 (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KARIMUN Jalan Pemasyarakatan RT 01 RW 01 Teluk Air (kategori lampi elektrik) KECAMATAN KUNDUR UTARA Jalan Cendrawasih RT 06 RW 03 (kategori lampu elektrik) Parit Kembaran RT 02 RW 03 (kategori lampu elektrik).

Seniman Api Indonesia Sebar 200 Paket Sembako di Karimun

KARIMUN – Lebih kurang 200 paket sembako gratis dibagikan Seniman Api Indonesia (SAI), untuk masyarakat kurang mampu di Karimun, Minggu (7/4/2024). Ratusan paket sembako itu bersumber dari sumbangan para dermawan, yang kemudian dibelikan sembako untuk warga kurang mampu. Koordinator kegiatan bagi-bagi sembako gratis dari SAI, Hendri Dunan menjelaskan, total sumbangan dari para dermawan berhasil terkumpul dana sebesar Rp36 Juta, lalu dibelikan sejumlah paket sembako untuk diserahkan kepada yang berhak. “Tujuan dari kegiatan bagi-bagi paket sembako gratis untuk masyarakat kurang mampu adalah, agar mereka ikut merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan riang dan gembira, tidak perlu memikirkan kebutuhan dapur,” ujar Hendri Dunan. Apa lagi menurutnya, saat menjelang Hari Raya Idul Fitri hampir semua harga kebutuhan pokok naik, sehingga dengan bantuan yang diberikan akan mampu mengurangi beban masyarakat. “Mudah-mudahan bantuan ini betul-betul dapat meringankan beban kebutuhan para penerima,” harap Hendri Dunan. Sebelum digelarnya bagi-bagi sembako gratis, para pengurus dan anggota Seniman Api Indonesia (SAI) di Kabupaten Karimun melakukan penggalangan dana. Para pekerja yang tergabung didalam organisasi tersebut antusias menyisihkan sedikit rizkinya untuk saling berbagi. Dikatakan Hendri Dunan, para pengurus mengumpulkan dana dari para dermawan sekitar seminggu lamanya. “Dana yang terkumpulkan merupakan partisipasi dari para karyawan swasta, ada juga dari beberapa perusahaan suplai man power di Karimun, juga dari pekerja di luar negeri asal Karimun. Semuanya turut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu,” ungkapnya. Hendri Dunan berharap, lebih ramai lagi yang turut berpartisipasi dalam mendonasikan sedikit rizkinya, untuk saling berbagi dengan masyarakat kurang mampu. Dan dalam hal ini tidak hanya para pekerja, namun masyarakat umum juga dapat turut serta meringankan beban warga yang layak untuk dibantu. Dalam kesempatan itu, Hendri Dunan juga menjelaskan, kegiatan rutin tahunan setiap puasa Ramadhan itu, selalu dilaksanakan di pulau pulau sesuai dengan jumlah bantuan yang berhasil terkumpul. “Namun Ramadhan tahun ini kami hanya mampu menggelar di Pulau Karimun, kalau tahun lalu kami menyebar ke berbagai pulau dalam mendistribusikan bantuan paket sembako,” ungkap Hendri Dunan. Sementara, Ketua Yayasan Seniman Api Indonesia (SAI), Ahmad Musafit mengatakan, dari kegiatan bagi-bagi paket sembako tersebut, sejatinya dapat juga diikuti oleh masyarakat umum diluar dari Seniman Api Indonesia. Sehingga jumlah bantuan yang akan di distribusikan juga lebih banyak. “Semoga tahun berikutnya kami masih terus dapat melaksanakan kegiatan ini, tentunya dengan jumlah yang lebih banyak lagi, dan harapan kami agar masyarakat juga dapat turut berpartisipasi menyisihkan sebagain rizkinya, untuk warga kurang mampu,” ujar Ahmad Musabit.(*)

Kepala KPU Bea & Cukai Tipe B Batam Rizal Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Kepala KPU Bea & Cukai Tipe B Batam Rizal Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, 2024 M

Audensi warga Baloi Kolam dengan BP Batam Dalam Hal Warga Yang Akan Terdampak Penggusuran

Batam – Kundur News, Warga Baloi Kolam, yang tergabung dalam RT 03 dan RT 10/RW 016, mengadakan audensi dengan BP Batam untuk membahas perkembangan terbaru mengenai masalah lahan kavling yang dihadapi akibat pembangunan. Audensi tersebut dilaksanakan pada Senin di Gedung BP Batam Lantai 4, dimana warga dan perwakilan BP Batam membahas tindak lanjut terhadap dampak penggusuran dan masalah lahan kavling bagi warga yang terkena dampak pembangunan. Sebelumnya, warga telah mengajukan permohonan audiensi kepada BP Batam agar dapat menyampaikan aspirasi mereka terkait alokasi lahan, dengan harapan mendapatkan lahan (kavling) dari BP Batam. Warga diundang untuk hadir pada Hari Senin, 01 April 2024, di Kantor BP Batam pada pukul 09.00 WIB. Mereka diminta untuk mendaftarkan diri sebagai perwakilan maksimal 40 orang, sesuai dengan daftar yang telah disiapkan, paling lambat pada Senin pagi jam 08.00 WIB. Hasil audensi dengan BP Batam belum menemukan keputusan yang pasti karena perwakilan BP Batam masih akan menyampaikan hasil audensi kepada atasannya. Rapat warga ini merupakan langkah konkret dari komunitas Baloi Kolam dalam mencari solusi terbaik bagi masalah lahan yang mereka hadapi, serta menegaskan komitmen mereka untuk menghadapi tantangan tersebut secara bersama-sama. Berikut adalah rangkuman dari tulisan berita di atas yang disusun ulang menjadi tulisan berita yang lebih baik: Salah satu warga yang terdampak inisial Tobing mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap BP Batam karena kurangnya kejelasan terkait dampak pembangunan yang telah mereka alami. Meskipun telah sering kali dilakukan audensi antara warga dan BP Batam, namun masih belum terdapat titik terang yang memuaskan bagi warga terdampak. Salah seorang warga menegaskan bahwa kepastian atas nasib mereka masih belum diberikan oleh BP Batam. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpastian di kalangan masyarakat yang merasa terabaikan akibat proses penggusuran yang dilakukan oleh BP Batam. ” pertemuan seperti ini (Audensi) sudah 4 kali dilakukan tetapi sampai hari ini pun masih belum ada kepastian dari BP Batam,” ujarnya. Senada dengan warga, Sahat Tampubolon, SH, selaku RW yang memimpin masyarakat terdampak penggusuran, berharap BP Batam dapat memberikan solusi yang sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, serta menyetujui permohonan terkait lahan kavling untuk masyarakat Baloi Kolam yang terdampak pembangunan demi kemajuan Kota Batam. ” Saya Sahat Tampubolon, SH, sebagai RW yang memimpin masyarakat terdampak penggusuran, berharap BP Batam dapat memberikan solusi yang sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, serta menyetujui permohonan terkait lahan kavling untuk masyarakat Baloi Kolam yang terdampak pembangunan demi kemajuan Kota Batam. upaya ini (Audensi) ada bagaimana kita mencari solusi yang adil dan berkelanjutan bagi masyarakat yang terdampak,” Ungkapnya. “Poin nya, dalam hal ini BP Batam memberikan alokasi lahan kepada perusahaan berdasarkan kewenangannya, tentu wajib memperhatikan warga yang akan terdampak direlokasi, negara harus hadir dalam hal ini BP Batam sebagai representasi negara harus bisa memberikan solusi kebijakan kepada warga, sehingga hak warga atas pemukiman terpenuhi meskipun harus digeser atau dipindahkan dari Baloi Kolam, Tutup Sahat. Hingga Berita ini di publikasi belum ada keterangan resmi dari pihak BP Batam yang diterima media ini. Herti

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Nuzulul Qur’an 1445 H / 2024 M

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar peringatan Nuzulul Quran yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh yang bertempat di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran (27/03/2024) malam. Pada peringatan Malam Nuzulul Qur’an ini tampak hadir Sekda Kabupaten Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, Kajari Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Camat, Kemenag Asahan jamaah Masjid Agung dan kaum muslimin dan muslimat. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Asahan Basuki S.Pd, MM melaporkan dalam rangka meningkatkan syi’ar dan dakwah islam serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati malam nuzulul Qur’an 1445 H/ 2024 M. Selanjutnya pelaksanaan malam nuzulul Qur’an ini sesuai dengan surat Bupati Asahan Nomor 400.8/1367/UM/III/2024 tentang peringatan malam nuzulul Qur’an 1445 H Kabupaten Asahan. Bupati Asahan dalam pidatonya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution M. Si mengatakan selamat datang di Kabupaten Asahan kepada Al Hafidz Ustadz Yunus Silalahi, Lc, MA senantiasa diberikan rahmad dan perlindungan dari allah SWT. Kemudian dikatakannya, peringatan nuzulul qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya kita suci al qur’an, namun dapat menjadi momen kebangkitan umat. Al-Qur’an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup bagi seluruh umat islam. Lanjut, Sekda, setidaknya ada tiga makna yang tergantung dalam peringatan nuzulul Qur’an diantaranya yang pertama, membudayakan membaca Al Qur’an bagi kaum muslimin, kedua Masyarakat mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dalam Al Qur’an serta yang ketiga masyarakat dapat berfikir logis dan bertindak sesuai hukum yang terkandung dalam kitab suci Al Qur’an. Lanjutnya, membaca al Qur’an harus dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari hari. Bukan hanya sekedar dapat membaca seyogyanya harus tahu arti dan mengamalkan al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain punya makna spritual peningkatan ibadah, makna nuzul qur’an juga memiliki makna sosial momentum ini dapat menjadikan umat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan ceramah agama yang disampaikan oleh Al Hafidz Ustadz Yunus Silalahi, Lc, MA.(Bg)

Wakil Bupati Asahan Ikuti Rakor Penguatan Sinergi Antar KPK dengan Kemendagri, BPKP dan Pemerintah Daerah

ASAHAN – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Sinergi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan (BPKP) dan Pemerintah Daerah di Wilayah I Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi di Aula Tengku Rizal Nurdin Lt. II, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (27/03/2024). Pembukaan Rakor ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin. Dipembukaan Rakor tersebut Pj Gubernur Sumatera Utara mengatakan, banyak hal yang sudah dicapai pada tahun 2023. Semuanya itu, merupakan hasil kerja bersama. Kendati demikian, Pemprov Sumut juga akan terus melakukan perbaikan, melalui dukungan KPK dan Pemerintah Pusat, serta Forkopimda dan instansi vertikal yang ada di Sumut. “Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga terus memperkuat implementasi SIPD yang sudah dikembangkan oleh Kemendagri. SIPD membuat data perencanaan, penganggaran, belanja, dan realisasi anggaran menjadi terintegrasi, sehingga bisa memantau alokasi anggaran untuk penanganan stunting atau kemisikinan dengan tepat dan cepat yang tersebar di berbagai kegiatan lintas OPD”, ungkap Hasanuddin pasca menerima penghargaan kategori Sertifikasi dengan Luasan Terbanyak, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk aspek pengadaan barang dan jasa, Hasanuddin mengatakan, akan terus mengembangkan sistem pengadaan barang jasa dengan sistem e-Catalog, penataan barang milik daerah, pendataan, pengadministrasian, dan pengusaan aset daerah agar tidak dikuasai oleh pihak-pihak ketiga. “Kerja sama dengan BPN dengan hasil banyaknya bidang tanah yang sudah disertifikatkan, pengembangan pemanfaatan barang milik daerah dengan konsep best use dan high use. Untuk aspek perizinan, kami akan terus mengembangkan sarana prasarana, regulasi dan penguatan sdm yang kompeten dan berintegritas. Mendorong optimalisasi pelayanan mal pelayanan publik di empat kabupaten kota,” terang Hassanudin. Ditempat yang sama, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK RI Didik Agung Widjanarko, mengajak semua pihak untuk berintropeksi diri terkait cerminan korupsi yang ada. Seperti di tingkat negara pada tahun 2022, Indonesia memeroleh nilai 34 dengan rangking 110 dari 190 negara. Nilai ini tidak mengalami perubahan pada tahun 2023, yang nilainya juga 34 dengan rangking 115. “Semakin sedikit, semakin mendekati tingkat korupsi makin tinggi. Kita perbaiki ini lebih baik lagi. Dari transparansi internasional Indonesia, sektor politik Pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan terintegritas, pada sektor praperadilan dan penegakan hukum tidak ada kekuatan intervensi, untuk sektor ekonomi dan bisnis adanya perbaikan iklim usaha, kemudian kebebasan orang untuk menyampaikan pendapat hal-hal yang tidak sejalan dengan pemerintah. Ini yang menjadi rekomendasi untuk perbaikan ke depannya,” ujarnya. Usai mengikuti Rakor, Wakil Bupati Asahan yang didampingi beberapa OPD siap mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dalam setiap program kerjanya yang bertujuan untuk memajukan Sumatera Utara, serta menjadikan Sumatera Utara Aman dan Bermartabat, sesuai dengan Visi dari Pemerintah Provinsi Sumatera itu sendiri “Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat”. Selain itu Wakil Bupati Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan transfarans dalam setiap kegiatan, sehingga tindakan korupsi dapat dicegah”, ujarnya. Lebih lanjut Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah mendapat penghargaan kategori Sertifikasi dengan Luasan Terbanyak, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Penghargaan yang diraih ini menjadi suatu kebanggan bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan”, tandasnya.(Bg)

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten

ASAHAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (27/03/2024). Turur hadir OPD se-Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Kasubbag Program OPD serta tamu undangan lainnya Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Drs. H. Zainal Arifin Sinaga, MH dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan Focus Group Discussion penyusunan teknokratik RPJMD ini adalah untuk menganalisis gambaran umum kondisi daerah, perumusan permasalahan pembangunan daerah dan merumuskan isu strategis daerah. “Adapun peserta acara ini terdiri dari Kepala OPD se-Kabupaten Asahan, para Camat se-Kabupaten Asahan dan para Kasubbag program dan fungsional perencana se-Kabupaten Asahan”, terang Zainal. Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Drs. John Hardi Nasution, M.Si mengatakan bahwa kegiatan FGD penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2025-2029 ini merupakan tahap awal dari rangkaian proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017. “Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji berbagai isi, masalah, tantangan dan upaya yang di perlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan Kabupaten Asahan pada lima tahun mendatang yaitu tahun 2025-2029”, ujar Sekda. Sekda juga meminta Kepala OPD untuk paham tugas dan tanggungjawab serta komitmen yang diamanahkan oleh Bupati. “berikan masukan yang di dasari oleh data atau kajian, karena kalau saudara-saudara salah dalam memberikan masukan maka rusaklah dokumen perencanaan yang akan di susun”, jelas Sekda. Lebih lanjut Sekda meminta para Camat untuk mengidentifikasi apa yang menjadi potensi di wilayah masing-masing. “Lakukan pendataan terhadap 5 apa yang menjadi potensi di daerah anda, sampaikan juga apa yang menjadi permasalahan, untuk dapat kita selesaikan dalam 5 tahun kedepan”, pungkas Sekda. Adapun Narasumber dalam acara tersebut adalah Prof.Dr.rer.nat.Muh.Aris Marai, M. Sc (Kepala Badan Informasi Geospasial), Prof. Subejo, S. P, M. Sc, Ph. D. (Ketua Tim), Prof. Saudi, S. Pi, M. Agr. Sc, Ph. D. (Tenaga Ahli), Pratiwi Ngasaratun, S. I. P., S. Psi., MSc (Tenaga Ahli) dan Awaluddin L, SE, M.Si (Tenaga Ahli). (Bg)

Bupati Asahan Ambil Sumpah/Janji dan Pelantikan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc mengambil sumpah/janji dan pelantikan Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Formasi Tahun 2023, Selasa (26/03/2024). Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan ini dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan dan dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kepala Kantor Regional VI BKN Medan beserta Rombongan, Para Asisten, OPD, Kepala Bank Sumut Cabang Kisaran dan tamu undangan lainnya. Kepala BKPSDM Kabupaten Asahan Nazaruddin, SH melaporkan pengangkatan PPPK ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-26-5.2 Tahun 2024 Tentang Pengangkatan PPPK Jabatan Fungsional Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Formasi Tahun 2023. Nazaruddin juga melaporkan, jumlah formasi PPPK Formasi 2023 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan sebanyak 505 orang, yang sudah memperoleh usul penetapan NI PPPK dan BKN yaitu, Formasi Jabatan Fungsional Tenaga Guru sebanyak 357 orang dan Formasi Jabatan Tenaga Kesehatan sebanyak 148 orang Ditempat yang sama Kepala Kantor Regional VI BKN Medan Dr. Janry Haposan U.P. Simanungkalit, S. Si, M. Si meminta kepada PPPK yang baru dilantik untuk menjaga amanah yang diemban dan menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi yang diberikan. Selain itu Janry berharap, PPPK dapat meningkatkan kinerjanya agar apa yang menjadi harapan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dapat terwujud. Sementara Bupati Asahan mengingatkan bahwa dalam proses pengadaan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tidak dipungut biaya. Kelulusan saudara/i adalah hasil kerja keras saudara sendiri. Untuk itu saudara/i harus bangga dan bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa kepada saudara sekalian. “Oleh karena itu saya minta kepada saudara/i untuk benar-benar melaksanakan tugas dan mentaati seluruh peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan mentaati perjanjian kerja saudar/i yang sudah ditandatangani antara lain berisi larangan dan kewajiban bagi seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang berlaku dan wajib dijalankan secara konsisten sehingga dapat menjamin terpeliharanya tata tertib kepegawaian dan mendorong saudara/i untuk melaksanakan tugas dengan selalu berpedoman pada 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran dan Tertib Pelaksanaan Tugas. “Kepada saudara/i setelah diangkat sebagai PPPK jangan ada niat meminta pada Bupati untuk pindah dari unit kerja saudara/i saat ini ke unit kerja lain karena tempat saudara/i saat ini adalah formasi yang saudara/i lamar. Dan jangan membawa dukungan dari pihak manapun dengan tujuan untuk mendesak Bupati agar saudara/i mutasi karena apabila saudara melakukan hal tersebut maka saudara dinyatakan mengundurkan diri sebagai PPPK sesuai dengan Pasal 41 ayat (3) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Undonesia Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional. Sementara Bupati Asahan mengingatkan bahwa dalam proses pengadaan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tidak dipungut biaya. Kelulusan saudara/i adalah hasil kerja keras saudara sendiri. Untuk itu saudara/i harus bangga dan bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa kepada saudara sekalian. “Oleh karena itu saya minta kepada saudara/i untuk benar-benar melaksanakan tugas dan mentaati seluruh peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan mentaati perjanjian kerja saudar/i yang sudah ditandatangani antara lain berisi larangan dan kewajiban bagi seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang berlaku dan wajib dijalankan secara konsisten sehingga dapat menjamin terpeliharanya tata tertib kepegawaian dan mendorong saudara/i untuk melaksanakan tugas dengan selalu berpedoman pada 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran dan Tertib Pelaksanaan Tugas. “Kepada saudara/i setelah diangkat sebagai PPPK jangan ada niat meminta pada Bupati untuk pindah dari unit kerja saudara/i saat ini ke unit kerja lain karena tempat saudara/i saat ini adalah formasi yang saudara/i lamar. Dan jangan membawa dukungan dari pihak manapun dengan tujuan untuk mendesak Bupati agar saudara/i mutasi karena apabila saudara melakukan hal tersebut maka saudara dinyatakan mengundurkan diri sebagai PPPK sesuai dengan Pasal 41 ayat (3) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Undonesia Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional.

Bupati Asahan Safari Ramadhan di Mushollah Al-Muhajirin

ASAHAN – Mushollah Al-Muhajirin yang terletak di Desa Perkebunan Hessa Kecamatan Simpang Empat, menutup Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Asahan yang dikunjungi oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, Selasa (26/03/2024) malam. Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum, OPD dan Camat Simpang Empat. Dikesempatan ini Kepala Desa Perkebunan Hessa Bambang Irwani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta rombongan yang telah hadir di Mushollah Al-Muhajirin Desa Perkebunan Hessa Kecamatan Simpang Empat. “Kehadiran Bupati Asahan menjadi suatu kebanggaan dan motivasi bagi kami untuk menjadi lebih baik kedepannya, serta siap membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mensukseskan visi dan misinya “Mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter”, ujarnya. Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan menyerahkan bingkisan kepada BKM Al-Muhajirin berupa uang 2 juta dan vacuum cleaner dilanjutkan dengan penyantunan anak yatim 25 orang yang diserahkan secara simbolis. Pada bimbingan dan arahannya Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Perkebunan Hessa yang telah siap membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan visi dan misinya. Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan secara rutin melakukan kunjungan Safari Ramadhan ke setiap Desa Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan. “Keberadaan rombongan Safari Ramadhan Pemkab Asahan di tengah Bapak/Kbu sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (Umaro) dengan Ulama dan Umat (Masyarakat). Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat”, ungkap Bupati. Selanjutnya Bupati mengatakan, dengan puasa kita bisa merasakan bagaimana perasaan saudara kita yang mengalami kelaparan dan kehausan. “Kita bisa merasakan bagaimana nasib saudara-saudara kita yang tidak seberuntung diri kita, maka setelah puasa kelak diharapkan kita menjelma menjadi insan, yang mampu mengendalikan diri, menjadi orang yang sehat jasmani dan rohani sabar, mempunyai kemauan yang kuat untuk maju, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta kita bisa mempunyai nilai kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama manusia”, tandasnya. Dikesempatan ini juga para jama’ah sholat tarawih diberikan tausiyah agama oleh Al-Ustadz H. Salman Abdullah Tanjung, MA, yang mengajak para jama’ah untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan 1445 H.(Bg)