Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil sambangi beberapa sekolah yang ada di Inhil
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil sambangi beberapa sekolah yang ada di Inhil

Inhil – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil sambangi beberapa sekolah yang ada di kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk memberikan pembinaan Perpustakaan bersama Ketua Atpusi Provinsi, Latif.

Dalam kunjungan tersebut terlihat  ketua Atpusi melakukan pembinaan  kepada perpustakaan sekolah  diantaranya SMP 1 Tembilahan, SDN 015 Sungai Beringin, SDN 008 Tembilahan Hulu, dan SDN 010 Tembilahan Hulu.

Dikatakan Latif dalam kunjungan  tersebut, merupakan rangkaian pengembangan perpus di riau, untuk Kabupaten Inhil, sudah yang  ke 2 (dua) pilot project kalinya, agar sebagai mana perpus itu dijalankan fungsinya menjadi pusat Letrasi.

“Kita tahu bahwa peningkatan Literasi, Indonesia di internasional  rendah ya kan, bukan berarti tidak ada koleksi tetapi bagaimana kepedulian pemangku kepentingan (Stakeholder) terhadap Perpustakan, kalau perpus sudah dibenahi maka tentunya harus ada program peningkatan minat baca, sehingga itu bisa meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) kalau SDM sudah unggul tentunya literasi kita juga unggul, jelas Latif kepada awak media , Jum’at (12/3/21) Pagi.

BACA :  Majukan Literasi dan Taman Bacaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Luncur Inovasi "TALI SERAT"

Ia juga berharap sekolah yang dikunjungi ini benar-benar komitmen bahwa Literasi ini bisa menjadi wisata minta baca.

“Sebenarnya banyak kalau masalah ruangan, tapi  Kita apresiasi ruangan SD 010 Tembilahan Hulu ini sudah Standar Nasional, bahkan sudah melebihi ada ruangan khusus, kita bangga lah sama kepala sekolah nya,” ucapnya.

Selain itu juga ia mangatakan dalam perpus harus banyak pembenahan tata letak buku dan tata ruang agar saat anak masuk ke perpus merasa nyaman dan betah.

BACA :  Setelah Bimtek, KDPAD Inhil, H Yulizal Berharap Peserta Dapat Meningkatkan Minat Baca Kepada Anak

“Ya kalau  selama ini perpus  kita jumpai  kan biasa  aja, tapi kalau sudah  di bentuk tata ruang  nya dibuat asik, Anak-Anak akan merasa nyaman  saat membaca,” jelasnya.

Sementara itu kepala sekolah SD Negeri 010 Tembilahan Hulu Dr Non Syafriafdi, mengucapkan terimakasih kepada kadis DPAD Inhil H Yulizal serta Ketua Atpusi Provinsi Riau dan Atpusi Kab Inhil.

“Dimana kunjungan ini merupakan menjadi dukungan (Support ) dan menjadi semangat (motivasi) buat kami atas untuk meningkatkan kualitas perpus di SD 010 kunjungan dan pembinan Perpustakan ini,” tandasnya.

Lebih lanjut Non Syafriafdi Kadis DPAD Inhil sudah ke 3 kalinya ke SD 010 Tembilahan Hulu, dari ini ia melihat begitu semangat DPAD Inhil untuk memberikan pembinaan perpustakaan.

BACA :  Siap Ikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, SMKN 1 Tembilahan Berbenah Diri

“Ya begitu komitmen pak kadis DPAD Inhil, dalam mencerdaskan anak bangsa dengan memajukan Perpustakan di kabupaten Indragiri Hilir,” ungkapnya.

Pembinaan Perpus di Inhil

Semantara itu Kadis DPAD Inhil H Yulizal mengatakan  bahwa  dengan  kedatangan ke sekolah  bersama  Ketua Atpusi Provinsi dan aptusi  kabupaten  semoga perpus di sekolah  memahami apa yang disampaikan, agar kedepannya  perpustakaan di sekolah di kabupaten Inhil semakin lebih maju.

Terakhir ia juga mengatakan ribuan terimakasih kepada ketua Atpusi yang turun langsung ke sekolah, agar sekolah di kabupaten Inhil semakin maju dengan Literasi.

“Insyaallah kami (DPAD) Inhil, terus melakukan pembinaan perpustakaan, sehingga anak-anak di Inhil mempunyai SDM yang unggul,” tutupnya.(*)

Previous articlePropam Polres Anambas Pantau Personal Polri Masuk THM
Next articleDiklat Nasional Tenaga Pengelola Perpus di SMK Negeri 1 Tembilahan Resmi di Tutup