Enok  — Mengantisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil Sertu HM Sibarani melaksanakan patroli di wilayah desa Pengalihan, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, pada Senin (17/04/2023) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp-red) Sertu HM Sibarani menjelaskan bahwa pada hari melaksanakan kegiatan pantauan wilayah binaannya terhadap kebakaran hutan dan lahan masyarakat dengan titik Koordinat : -0°30’7″S, 103°5’11″E desa Pengalihan.

 

“Dengan dibantu 2 warga peduli api, kita melaksanakan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan di tempat-tempat yang rawan terjadinya kebakaran,” ungkap Sertu HM Sibarani kepada awak media saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

 

Ia mengatakan bahwa kegiatan patroli tersebut merupakan, antisipasi terhadap kebakaran lahan-lahan pertanian yang sering terjadi kebakaran yang diakibatkan kelalaian warga yang sering meninggalkan lahan yang dibersihkan dan dibakar.

 

“Kita pelaksanaan patroli Karhutla melihat kondisi lahan warga apakah ada yang membakar, apakah tidak, dengan adanya kebakaran lahan sehingga mengakibatkan keparahan semakin menjadi-jadi,” tandasnya.

 

Ia juga mengungkapkan patroli-patroli terus ditingkatkan sehingga masyarakat paham dan mengerti bahwa membuka lahan dengan cara dibakar tidak dibenarkan oleh pemerintah.

 

Terakhir Sertu HM Sibarani mengatakan dalam kegiatan patroli Karhutla di wilayah binaan desa Pengalihan tersebut tidak ada ditemukan titik hotspot.