Home Kepri Anambas

Ambulan Laut, Atau Speedboat Puskesmas Keliling Siantan, Terbakar

Anambas – Speedboat Puskesmas Keliling (Puskel) Siantan milik Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Tarempa dilahap sijago merah pada pukul 12.30 di pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tarempa, Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Minggu (3/7/2022).

Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Kasat Polairud) IPTU Martias menjelaskan, kebakaran tersebut diduga adanya korsleting kabel aki dari mesin pemompa air yang dicoba untuk dihidupkan.

“Ya benar ada kejadian kebakaran Puskel, untuk sementara menurut keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) diduga adanya Korsleting kabel aki dari mesin pompa air dan langsung menyambar ke tangki minyak,” ucap Martias.

BACA :  Gudang Kelapa di Inhil Hangus Terbakar

Dirinya juga menyebutkan akibat kebakaran tersebut kerugian materil secara keseluruhan mencapai ratusan juta rupiah.

“Akibat dari peristiwa tersebut di taksir secara keseluruhan kerugian materil mencapai 968 juta rupiah, dan speed boat yang terbakar saat ini kita amankan di pelabuhan antang,” jelasnya.

 

Di lokasi yang sama, Kepala Direktur RSUD Tarempa, Feri saat dikonfirmasi oleh awak media terkait pemeliharaan dirinya menyebutkan menunggu laporan kerusakan dahulu.

BACA :  Sebuah Rumah Di Tagaraja Kateman, Hangus Dilalap Api

“Kami menunggu ada laporan kerusakan terlebih dahulu karena kami bukan orang teknis, kalau untuk pemeliharaan setiap tahunnya kami anggarkan namun kondisi Puskel tersebut walau sudah dua tahun masih layak beroperasi,” kata Feri.

Adapun Dana yang dipakai adalah anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan estimasi jumlah perawatannya Puskel tersebut setiap tahunnya Feri menyebutkan sebesar 20 sampai 40 juta pertahun.

BACA :  Kebakaran di Pulau Burung Menghanguskan Beberapa Unit Rumah

“Terkait estimasi jumlah perawatannya pertahun kami menganggarkan seperti tahun 2020 sebesar 20 sampai 40 juta,” terang Feri.

Untuk diketahui, api berhasil dipadamkan tidak lama setelah kejadian, dengan melibatkan berbagai unsur seperti Tim Pemadam Kebaran (Damkar) dan Pol-PP, TRC BPBD, TNI dan Polri dari Satpolairud, Basarnas dan Masyarakat setempat.*

==========================