Benarkah Stroberi Memiliki Khasiat Sebagai Pemutih Gigi?

Kundur News. Selama ini, banyak artikel menguak soal manfaat tersembunyi buah stroberi sebagai pemutih gigi alami.

Bahkan, sejumlah video di internet ramai menunjukkan cara memutihkan gigi, hanya dengan menyikat gigi menggunakan buah stroberi ditambah dengan baking soda.

Meski banyak yang mengikuti dan merasa yakin khasiatnya benar-benar terasa, namun, seorang peneliti justru menemukan bahwa metode ini benar-benar tidak terbukti bekerja memutihkan gigi.

“Satu-satunya keuntungan dari metode ini, hanya memutihkan gigi sementara. Gigi bisa terlihat lebih putih karena bisa menghapus akumulasi plak pada gigi bagian luar saja,” kata So Ran Kwon, satu-satunya penulis studi dan asosiasi profesor di University of Iowa di Amerika Serikat seperti dilansir Times of India.

Alasan utama mengapa stroberi tidak bekerja sebagai pemutih gigi, ini karena kandungan kimia dari buah ini.

Stroberi mungkin memiliki rasa yang menyegarkan, tetapi buah ini minim kandungan hidrogen peroksida dan karbamid peroksida– bahan utama dalam produk pemutih gigi, menurut American Dental Association.

Apel dan lemon, juga populer sebagai pemutih gigi. Dan sering pula dianjurkan oleh para pakar gigi. Namun, tetap tidak memiliki kandungan hidrogen peroksida dan karbamid peroksida. Ini, menunjukkan efektivitas buah ini sebagai pemutih gigi akan terbatas khasiatnya.

Untuk penelitian ini, peneliti membandingkan ramuan stroberi dan baking soda buatan sendiri dengan obat lain, seperti produk pemutih buatan pabrik.

Gigi disikat dengan campuran soda kue dan stroberi, hasilnya tidak menunjukkan warna putih gigi yang nyata. Ini berdasarkan hasil dua tes warna dan evaluasi dengan spektrofotometer.