Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau produk home industri dalam kegiatan BID Wilayah (Klaster) 1 Tahun 2019, di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru, Sabtu (27/7).

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta kepada semua desa dapat melakukan inovasi, demi memajukan dan mensejahterakan masayarakat desa.

Hal itu disampaikan Rafiq saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Wilayah (Klaster) 1 Tahun 2019, di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru, Sabtu (27/7).

“Perangka desa harus banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa. Sehingga memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki,” kata Rafiq.

Disebutkan Rafiq, pemerintah pusat memiliki keinginan untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia. Yang merupakan langkah utama dalam membangun bangsa.

“Maka dari itu pemerintah pusat meluncurkan program Dana Desa (DD), yang selama hampir lima tahun ini dana yang telah dikucurkan sebesar Rp257 Triliun, untuk 74.957 desa se Indonesia. Termasuk 49 Desa yang ada di Kabupaten Karimun,” ungkapnya.

Menurut Rafiq, DD telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD). Dengan tujuan sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa.(*)