Danrmil 03 Kundur Lakukan Norbar G-30S PKI Selama 10 Hari

Kundur News – Tanjungbatu –  Komando  Rayon Meliter (Koramil) 03 Kundur, Provinsi Kepulauan Riau, akan memutar film sejarah penumpasan G-30S PKI di 10 tempat berbeda selama 10 hari.

Menurut keterangan Danramil 03 Kundur Mayor Czi Slamet Wahyudi, Senin malam (25/09), pemutaran sejarah penumpasan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau G-30S PKI itu akan dilakukan malam pertama pada Sabtu 30 september di Balai Pemuda Seni Budaya Tanjungbatu.

“Di setiap Kecamatan dan desa pulau Kundur dalam 10 hari akan diputar film penumpasan G-30S PKI. Film tentang sejarah kekejaman PKI nantinya akan diputar padam malam puncak di lapangan balai pemuda Tanjungbatu bersama uspika Kundur,” katanya.

Tidak saja masyarakat acara nobar ini dilaksanakan bersama dengan aparat pemerintah dari tingkat desa sampai dengan keluran dan kecamatan, dan mengundang ormas, pimpinan pesantren, serta sekolah.

“Tujuannya guna mengingat dan mengenalkan sejarah, terutama pada generasi penerus bangsa, bahwa Indonesia pernah mengalami sejarah kelam, yaitu penghianatan terhadap Pancasila, percobaan kudeta yang mengakibatkan diculik dan terbunuhnya sejumlah jenderal,” paparnya.

PKI merupakan bahaya laten yang bisa saja muncul kembali bila masyarakat tidak waspada. Sudah barang tentu PKI bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ideologi negara.*