Diklat Nasional Tenaga pengelola Perpustakaan di Inhil
Diklat Nasional Tenaga pengelola Perpustakaan di Inhil

Inhil – Diklat Nasional Tenaga pengelola perpustakaan sekolah/Madrasah Se- kabupatan Indragiri Hilir di SMKN 1 Tembilahan yang akan berlangsung pada  08 -12 Maret 2021.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri ketua Atpusi provinsi Riau Latif, MPd kadis DPAD Inhil H Yulizal, S.Sos,M.M Sekertaris Dinas Pendidikan Abdul  Fani,S.Sos, M.Si, kepala sekolah SMKN 1 Tembilahan Drs Hasmar dan seluruh tenaga perpustakaan sekolah se-kabupatan Indragiri Hilir.

Ketua Atpusi Provinsi Riau Latif dalam arahannya kepada peserta Diklat Nasional Tenaga pengelola perpustakaan mengatakan. Dalam kegiatan ini agar bisa mengikuti materi-materi yang akan disampaikan oleh narasumber dengan sungguh-sungguh.

Ia juga sangat mengapresiasi Kepala Dinas DPAD Inhil sangat luar biasa untuk memperjuangkan Perpustakaan yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

BACA :  Pembinaan Audit Arsip di Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir

“Hari ini kita lihat pergerakan pak Kadis DPAD yang selalu memberikan pembinaan perpustakaan di sekolah-sekolah dan selalu semangat, jadi dengan ini saya sekali lagi berharap kepada pengelola perpustakaan bisa mengikuti pak Kades semangat itu,” ucap Latif dalam sambutan resminya, Senin (8/3/21) Pagi.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Abdul Fani dalam arahnya, “Memang Derah kita dibandingkan Derah lain soal membaca sangat tertinggal sekali. Dengan membaca ini kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan kepada para pengelola perpustakaan. Jadi melalaui Diklat Nasional ini diharapkan agar Kedepannya, di perpustakaan masing-masing bisa menjadi daya tarik minat baca anak-anak maupun orang dewasa.

“Ya kita lihat lah seperti di pulau Jawa lokasi itu penting membaca tidak harus di ruangan, kayak di taman kan sangat asik sambil melihat bunga-bunga. Hal ini lah yang tidak ada di daerah kita, pengelolaan yang demikian,” pungkasnya.

BACA :  Kadis DPAD Inhil Resmikan Perpustakaan Aksara di SMAN 1 Tembilahan

Senada yang sama Kepala Dinas DPAD Inhil Yulizal, dalam sambutannya sekaligus membuka Diklat Nasional Tenaga pengelola perpustakaan se-kabupaten Indragiri Hilir. Dalam rangka peningkatan mutu belajar mengajar pendidikan melalui Perpustakan.

Melihat fungsi sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak salah jika Perpustakan menjadi komponen penting dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan. Oleh karena itu peran tenaga pengelola perpustakaan maupun guru selalu diberikan motivasi, sehingga Perpustakan menjadi minta bagi anak-anak maupun masyarakat umumnya.

Selain itu juga sumber daya manusia (SDM) itu sangat penting, melalui kegiatan ini, saya berharap kepada pengelola perpustakaan untuk mengikuti sampai dengan selesai, sehingga ilmunya dapat di ambil dan dikembangkan di daerah masing-masing.

BACA :  DPAD Inhil Kunjungi Perpustakaan Desa Kempas

“Saya selaku kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil Yulizal juga mengucapkan terimakasih kepada Atpusi Provinsi Riau yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap Yulizal.

Diklat Nasional Tenaga pengelola Perpustakaan

Terakhir ia juga menyebutkan masih banyak Perpustakan di kabupaten Inhil, masih tertidur, kerena banyak ditemui di sekolah-sekolah. Ada gedungnya tetapi salah penempatan.

“Iya banyak ditemui ruangan perpustakaan masih bergabung dengan yang lain, contoh kecilnya masih bergabung dengan ruang guru, itu sering kita temui pas kunjungan dan pembinan Perpustakan,” tutupnya.(*)