Ekonomi Semakin Sulit, FSPMI Gelar Aksi Demo di Batam

Kundur New – BATAM – Ribuan massa yang mengatasnamakan sebagai Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demonstrasi, mereka berunjuk rasa ke sejumlah titik di Batam, Jumat, (10/11).

Lokasi titik orasi yang mereka lakukan itu, di kantor Walikota Batam, Graha Kepri, DPRD Kota Batam dan Gedung BP Batam.

Mereka mendesak pemerintah mencabut peraturan pemerintah (PP) No.78 Tahun 2015, kemudian Wali Kota Batam harus bisa menyediakan sembako dengan harga terjangkau.

“Kami minta kepada Walikota Batam agar menyediakan sembako murah atau dengan harga terjangkau, kami menolak kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), ATB dan Premium,” ujar salah satu pendemo.

“Dalam pengesahan UMK Kota Batam kami akan meminta kepada Walikota Batam dan Gubernur Kepri untuk tidak menetapkannya berdasarkan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Selain itu segera buat asosiasi menurut jenis usahanya,” kata pekerja itu lagi.

Kemudian, sambungnya lagi, Gubernur Kepri diminta untuk segera membuat Pergub mengenai asosiasi usaha, DPRD Kota Batam diminta segera membuat perda mengenai asosiasi jenis usaha,dan terakhir adalah BP Batam segera berikan hak milik atas tanah kepada masyarakat yang telah puluhan tahun membayar UWTO.

Aksi unjuk rasa yang didominasi kaum buruh itu melakukan convoy di wilayah Kabil, di simpang lampu merah arah kawasan Cintratumindo dan arah Punggur. Kemudian Massa bergerak ke arah cintratumindo, simpang Nongsa lalu kearah Bandara.

Informasi sebelumnya yang didapat, untuk pendemo di titik Batam Centre akan melintasi tunas dan sekitarnya, dan mereka konvoi melintasi arah bandara bertemu dengan massa dari area kabil di simpang Bandara lalu ke arah simpang Kepri Mall.

Sementara untuk massa area Batu Ampar, berkumpul di simpang MC Demord lalu bergerak ke arah simpang jam, flyover lalu ke simpang Kepri Mall. Massa area Tanjung Uncang berkumpul di depan Polsek Simpang Base Camp lalu bergerak ke arah Sekupang, lewat simpang jam flyover lalu ke arah simpang Kepri Mall.

Massa area Muka Kuning berkumpul di simpang ABB dan halte panbil, dan bergerak ke simpang Kepri Mall menuju Kantor Walikota, Graha Kepri, DPRD Batam dan BP Batam.(*)