Festival Literasi Sekolah

Karimun – Bersempena dengan bulan bahasa yang jatuh pada bulan oktober tiap tahunnya dan juga momen hari sumpah pemuda pada 28 oktober nanti, SDN 010 Kundur menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dibingkai dalam Festival Literasi Sekolah. Kegiatan itu merupakan salah satu implementasi gerakan literasi sekolah yang digulirkan oleh pemerintah, sebagai sarana penumbuhan budi pekerti.

Kegiatan yang berlangsung pada 25-26 oktober 2019, bertempat di SDN 010 Kundur, berjalan lancar dan meriah. Pesertanyapun berasal dari kalangan siswa-siswi SD tersebut, yang dibagi berdasarkan jenjang kelas rendah dan tinggi.

BACA :  Pengenalan Industri Kuliner Pada Anak SD, Dalam Gerakan Literasi sekolah

Untuk kelas rendah, kegiatan yang diikuti berupa mewarnai, sedangkan kelas tinggi, kegiatan berupa lomba bercerita dan lomba membaca puisi. Adapun kategori lomba yang diikuti oleh semua jenjang secara bersamaan yaitu lomba membuat prakarya, yakni kolaborasi antara siswa dan orang tua, serta kegiatan market day atau bazar makanan dan minuman. Pemilihan kegiatan itu disesuaikan dengan perlombaan yang biasanya dilakukan oleh pemerintah secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Kegiatan itu mengangkat tema, “Meningkatkan Kreatfiitas, Keterampilan dan Kemandirian Siswa Untuk Indonesia Maju”.

BACA :  Pengenalan Industri Kuliner Pada Anak SD, Dalam Gerakan Literasi sekolah

Tampak dalam festival para siswa yang ikut mewakili kelasnya berlomba dengan antusias, terlebih lagi kegiatan itu dihadiri para orang tua yang senantiasa turut serta mendampingi perkembangan anak-anaknya.

“Mudah-mudahan dari sini, akan muncul dan berkembang potensi-potensi siswa,” kata Heriyati, kepala sekolah SDN 010 Kundur, Sabtu (26/10/2019).

Hal itu juga diperkuat dengan motivasi yang disampaikan Camat Kundur, Ery Noval Jadinata, dalam sambutannya, “Saya dulunya sekolah di sini. Saya alumni di sini. Saya percaya, siswa-siswi kita di sini juga akan terus berkembang potensinya di tangan bapak dan ibu guru di sekolah ini,” kata Ery.

BACA :  Pengenalan Industri Kuliner Pada Anak SD, Dalam Gerakan Literasi sekolah

“Kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar sesuai rencana berkat bantuan semua pihak mulai dari warga sekolah, orang tua, alumni serta pemerintah setempat. Mudah-mudahan tahun depan dapat kita laksanakan kembali. Kami para alumni siap membantu untuk kemajuan sekolah dan anak-anak sekalian,” tambah Nazarudin, selaku alumi yang juga Kepala Desa Sungaisebesi.

Hingga siang hari, para siswa tampak antusias berada di sekolah hingga pengumuman juara lomba diumumkan, selanjutnya diakhiri dengan sesi foto bersama.* (vt)