InhilKepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal melakukan kunjungan dan pembinaan langsung ke Perpustakaan Harun Al-Rasyid di Kampus STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, pekan kemarin.

Kedatangannya dan rombongan disambut oleh Ketua STAI Auliaurrasyidin, Syarifudin didampingi Wakil Ketua 1 M Ridhwan, Wakil Ketua 2 Dedi Yusuf, Pustakawan Revi Maulani dan Hendro Lisa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DPAD Yulizal menyebutkan poin-penting penting terkait akreditasi perpustakaan. Hal ini bisa menjadi indikator bagi kemajuan pustaka.

Kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai bahan evaluasi, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas layanan serta fasilitas pendukung pustaka, misalnya kuantitas bahan bacaan, kondisi gedung dan sarana prasarana pustaka.

Selanjutnya, Kepada Kepala dan Pengelola Pustaka di STAI Ailiaurrasyidin, Yulizal menyampaikan apresiasi atas kondisi yang telah berjalan. Beliau menganggap sudah baik, namun perlu untuk ditingkatkan lagi. Beberapa syarat perlu dilengkapi untuk didaftarkan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Akreditasi itu dilalui memang secara bertahap. Namun saya lihat, perpustakaan disini sudah baguslah. Sudah ada klasifikasi bacaan, sistem online, nama dan tenaga pustaka yang kompeten. Tinggal sedikit lagi, bisa didaftarkan ke Perpusnas. Misal Struktur, SOP dan sebagainya. Apalagi disini juga sudah sistem online, tak menutup kemungkinan untuk membuka perpustakaan digital, sehingga semakin luas manfaatnya untuk masyarakat,” ujarnya.

Disela-sela pemaparannya, saat memperhatikan koleksi perpustakaan bersama Ketua STAI, Yulizal memberikan saran agar saat memasuki pustaka tidak memakai sepatu.

Sementara itu, Ketua STAI yang juga Pembina Pustaka Harun Al Rasyid, Syarifudin menyatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan dan pembinaan yang dilakukan oleh Kepala DPAD beserta jajaran, sebagai upaya membangun dan memajukan pustaka-pustaka di daerah Inhil.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan masukan yang diberikan oleh Pak Yulizal dan jajarannya. Pustaka adalah pusatnya ilmu, semoga ini menjadi momentum juga buat kampus untuk lebih baik lagi. Saat ini, Perpustakaan STAI Auliaurrasyidin sedang mempersiapkan proses akreditasi pustaka,” terangnya.

Saat itu, juga dilakukan penandatanganan MoU Kerjasama antara STAI Auliaurrasyidin dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Inhil.