Kawasan Wajib Masker

Sawang – Hampir seluruh pedagang di pertokoan sepanjang jalan Besar Sawang, Sawang Kota, Kundur Barat, masih juga belum mengenakan masker saat beraktivitas terutama dalam melayani konsumen.

Hal itu diketahui saat Kundur News melakukan pantauan secara acak sebanyak tujuh toko kebutuhan sehari-hari, di jalan Sawang, pada Selasa 28 April 2020 dan Rabu, 29 April 2020. Didapati, ketujuh toko tersebut tidak ada satupun penjual yang mengenakan masker, sedangkan pembeli ada yang mengenakan dan ada yang tidak.

Mereka belum terbiasa, sehingga saat ditanya mengaku sesak nafas saat memakai masker. Mirisnya, ada pedagang yang mengaku tidak pernah sama sekali mengenakan masker.

“Sini kita mana ada pakai-pakai masker, pakai pun nanti sesak nafas,” ujar pemilik toko Cahaya Indah, di jalan Besar Sawang, Selasa, (28/04/2020).

Saat ditanya ada aturan pemerintah untuk mengenakan masker, dirinya juga tidak mengetahuinya.

“Mana ada perintah, kita tak ada itu,” ucapnya.

Gaung kampanye memakai masker saat pandemi virus Covid-19 terus didengungkan oleh pemerintah, dari Pusat hingga ke Daerah, baik secara langsung maupun melalui media massa, sayangnya anjuran tersebut diduga tidak tersentuh oleh sejumlah pedagang di Sawang Kundur Barat.

Jumlah yang terinfeksi virus corona terus semakin bertambah, sehingga perlu adanya kekompakan dari masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus covid-19, yang diikuti juga saling mengingat, sosialisasi, dan edukasi kepada yang belum mengetahuinya seperti untuk hidup bersih dengan sering mencuci tangan, diam dirumah dan gunakan masker apabila berakifitas diluar, jaga jarak hindari kerumunan dan jaga stamina tubuh.

Penggunaan masker untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19 di Kabupaten Karimun, sudah tertuang pada surat edaran Bupati Karimun, Nomor : 300/SET-COVID-19/IV/04/2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penyebaran Dan Penularan Covid 19. Yang ditandatangi oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si, di Tanjung Balai Karimun, 13 April 2020.*