Idul Adha 1444 H, Pemerintah Kabupaten Asahan Sembelih 125 Hewan Qurban

ASAHAN – Kumandang takbir bersahut-sahutan, dilantunkan hampir di seluruh penjuru negeri, menandai datangnya salah satu hari besar keagamaan bagi umat Islam. Tak sekedar takbir yang membahana, dalam Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga dengan Hari Raya Qurban, umat Islam juga berkumpul untuk melakukan Shalat Id berjamaah di Tanah Lapang atau Masjid. Setelah itu, tak lengkap rasanya Idul Adha tanpa penyembelian hewan qurban. Kegiatan tersebut sejatinya dilakukan pasca melakukan shalat Id, namun ada juga beberapa kelompok masyarakat yang melaksanakannya sehari setelahnya.

Kegiatan ibadah tersebut juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan. Tahun ini pelaksanaan Shalat Id, dilaksanakan di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dengan Imam H. Eddy Mulyadi, SH. I, MA dan Khotib Dahmul Daulay, S. Ag, MA. Sementara untuk penyembelian Hewan Qurban dilaksanakan di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran, Kamis (29/06/2023).

Asisten Pemerintahan dan Kesajahteraan Rakyat Buwono Prawana, SIP, M.Si melaporkan, hewan qurban yang disembelih berjumlah 125 ekor yang berasal dari Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kecamatan Kota Kisaran Timur dan BKM Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, terdiri dari 95 ekor lembu dan 30 ekor kambing.

Disela-sela peninjauan penyembelihan, Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si dan Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution, M. Si mengatakan, kegiatan penyembelian hewan qurban ini rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan setiap Hari Raya Idul Adha. “Setiap Hari Raya Idul Adha Pemerintah Kabupaten Asahan rutin melaksanakan penyembelian hewan qurban dan tahun ini kita menyembelih 125 ekor hewan qurban”, ucapnya.

Bupati juga mengatakan, hewan qurban yang disembelih hari ini telah melalui pemeriksaan kesehatan sehari sebelumnya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. Dan hewan qurban tersebut dinyatakan sehat oleh Dinas terkait. Bupati menambahkan, jika ada hewan qurban yang tidak sehat, maka hewan qurban itu tidak diizinkan untuk disembelih.

Mengakhiri pembicaraannya Bupati berharap, semoga tahun yang akan datang jumlah hewan qurban yang disembelih dapat meningkat, sehingga lebih banyak masyarakat Kabupaten Asahan yang bisa menikmati daging qurban. “Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, semoga di Hari Raya Idul Adha ini kita dapat meningkat amal ibadah kepada Allah SWT”, harapnya.

Terlihat juga Kapolres Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakil Danlanal TBA, mewakili Danyon 126/KC dan OPD ikut melihat penyembelian hewan qurban tersebut.(Bg)

Previous articleIdul Adha 1444 H, Ketua DPD LDII Asahan Sampaikan Keutaman Berkurban
Next articleBupati Asahan Ikuti Doa Bersama Lintas Agama Secara Virtual Di Mapolres Asahan