Inhil – Dalam rangka meningkatkan literasi, minat baca dan inklusi sosial, di era digital seperti sekarang ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), terus melakukan bimbingan ke setiap pustaka-pustaka yang ada sekolah.

Adapun beberapa sekolah yang hari ini dilakukan pembinaan diantaranya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kempas, SMP Negeri 1 Kempas, SD Negeri 015 Kempas, dan Perpustakaan Desa Danau Pulai Indah.

BACA :  Setelah Bimtek, KDPAD Inhil, H Yulizal Berharap Peserta Dapat Meningkatkan Minat Baca Kepada Anak

Kepala Dinas PAD Inhil H Yulizal yang didampingi oleh para kasih saat mengunjungi perpus SD Negeri 015 langsung memberikan arahan, dan bimbingan, salah satunya adalah memperbanyak buku-buku fiksi dan menata kembali ruangannya dengan benar.

“Disini saya lihat masih ada buku-buku paket yang dipajang didepan, untuk selanjutnya silahkan diatur ulang posisinya, kedepankan buku-buku fiksi dan dilengkapi dengan nomor atau nama-nama buku pada lemari, agar lebih mudah mengetahui buku apa yang sedang di cari,” kata Yulizal saat memberikan arahan di perpustakaan SD Negeri 015 Kempas, Selasa (30/3/21).

BACA :  Siap Ikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, SMKN 1 Tembilahan Berbenah Diri

Selanjutnya, Yulizal menyarankan kepada pustakawan SD Negeri 015 Kempas untuk berkunjung ke Dinas PAD Inhil agar mendapat menambah wawasan bagaimana tata cara mengelola perpustakaan.

“Untuk kedepannya boleh berkunjung ke kantor DPAD Inhil melihat secara langsung bagaimana sistem pengelolaan di sana,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SD Negeri 1 Kempas mengatakan bahwa selama ini memang belum melakukan pengembangan perpustakaan, semoga dengan adanya bimbingan ini kedepannya pustaka di sekolah tersebut bisa terkelola dengan baik.

BACA :  Tim Juri Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Tinjau Peserta Lomba

“Kita masih baru pak, masih belum begitu faham bagaimana sistem perpustakaan yang sebenarnya, dan disini memang kita juga berharap semoga kedepannya dengan adanya bimbingan langsung dari dinas perpustakaan kita bisa perlahan membenahi pustaka ini,” imbuhnya.*

Previous articleSebanyak 1.062 Polsek Tidak Bisa Lakukan Proses Penyidikan
Next articleTerima Hibah Tanah, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pastikan Pengelolaan TWP Kepulauan Anambas Lebih Optimal