Home Featured Kapal Isap Timah Beroperasi Diduga Tanpa Sosialisasi, Masyarakat Sawang Selatan Ancam Turun Ke Kapal

Kapal Isap Timah Beroperasi Diduga Tanpa Sosialisasi, Masyarakat Sawang Selatan Ancam Turun Ke Kapal

0
Kapal Isap Timah Beroperasi Diduga Tanpa Sosialisasi, Masyarakat Sawang Selatan Ancam Turun Ke Kapal

Sawang – Melakukan penambangan di laut Gading dan Lubuk diduga tanpa sosialisasi kepada masyarakat, masyarakat desa Sawang Selatan ancam akan turun ke Kapal Isap Produksi (KIP) Timah milik swasta dan menghentikan operasi secara paksa.

Hal itu disampaikan salah satu tokoh pemuda dan juga nelayan Sawang Selatan, M Amir, kepada Kundur News, Rabu (29/12/21).

“Kami sangat berharap pihak pemerintah daerah khususnya pemerintah Kabupaten Karimun untuk menindak tegas atas penambangan yang sedang berlangsung di laut Gading dan Lubuk,” ujar Amir.

Amir juga sangat menyayangkan pihak pemerintah daerah yang tidak peduli dengan aktifitas tambang yang meresahkan tersebut.

“Seperti protes warga-warga di kecamatan lain, di mana peran pemerintah daerah terhadap permasalahan ini, baik dari desa, kelurahan hingga kecamatan tak ada yang tahu, selas ini bentuk kecolongan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Amir juga pertanyakan izin Amdal yang terbit diduga tanpa dilakukan sosialisasi masyarakat.

“Dari mana izin Amdalnya keluar lantas lakukan penambangan tanpa sosialisasi terlebih dahulu,” tambahnya.

Protes masyarakat Sawang Selatan itu bukan tanpa alasan, Gading dan Lubuk juga merupakan area tangkap bagi nelayan Sawang Selatan, begitu juga sebaliknya.

Mereka juga telah menyediakan beberapa unit pompong untuk turun ke kapal isap jika pihak Pemerintah sudah tak lagi dapat diharap.*