Ilustrasi kapal karam
Ilustrasi kapal karam

Karimun – Sebuah kapal kargo, Bintang Abadi, berukuran 109 Gt, dengan muatan semen, karam, dikarenakan tertabrak terumbu karang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Juru mudi beserta Anak Buah Kapal berhasil menyelamatkan diri dan ditolong nelayan ke pulau terdekat.

Pers rilis yang disampaikan Koordinator TAGANA Kabupaten Karimun, kapal dari Batam tujuan ke Sei Guntung dan Pulau Burung, pada hari Senin tanggal 24 Pebruari 2020, pukul 21:30 berangkat dari Kota Batam. Pada hari Selasa, 25 Pebruari 2020, kapal tiba-tiba terhenti mendadak, setelah dilakukan pengecekan, kapal naik di atas terumbu karang dan mengalami kebocoran.

Kapten kapal mengarahkan agar crew kapal segera melakukan persiapan kapal karam. Selang waktu 2 jam kapal benar-benar tenggelam dan seluruh crew kapal yang berjumlah enam orang sudah terapung-apung sambil berenang ke Pulau terdekat.

Akhirnya korban ditemukan nelayan dan diselamatkan ke Pulau terdekat selang beberapa waktu datang speedboat menjemput dan mengantarkan ke pelabuhan Tanjung Batu Kundur.*