Kondisi Beras Miskin Tak Layak Dikonsumsi

Kundur News – KARIMUN – Wakil Bupati Karimun Anwar Haysim melakukan inspeksi mendadak ke gudang Bulog di komplek pergudangan Pelabuhan Roro Kelurahan Sungai Raya Kecamatan Meral, Senin kemarin (27/11). Sidak tersebut digelar menyusul adanya laporan warga soal kondisi beras sejahtera (rastra) atau beras miskin (raskin) sangat tak layak konsumsi.

BACA: Beras Oplosan di Batam Juga Dicampur Zat Kimia

“Ya kemarin kita sidak ke gudang Bulog karena ada laporan masyarakat bahwa kondisi beras tidak layak. Sehingga saat kami turun mengecek langsung dalam sidak itu ternyata ditemukan dalam gudang tersebut kondisi berat memang tak layak konsumsi,” ucap Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, kemarin.

Saat diperiksa disitu ada dua jenis karung beras, ada yang isi 50 Kg dengan kondisi cukup baik dan ada yang 15 Kg banyak yang tak layak. Atas temuan itu pun ia meminta kepada Bulog untuk tidak mendistribuskan beras yang tak layak itu kepada masyarakat.

“Kalau kondisinya yang bagus silahkan di distribusikan dan justru harus dipercepat. Tapi kalau yang tak layak jangan dikirim lah. Sebelum dikirim pun harusnya dicek lagi,” katanya.

Rencananya, pemerintah daerah Kabupaten Karimun pun akan melakukan kunjungan ke kantor Bulog di Batam, karena di Karimun tidak punya kantor perwakilan, yang ada hanya gudang. Sehingga kunjungan itu juga untuk meminta agar jangan lagi mendistribusikan beras tak layak ke Kabupaten Karimun.

“Kita baru temukan kali ini dan kebetulan ada masyarakat yang menerimanya kondisi beras tak layak konsumsi. Maknya kami turun melakukan sidak,” jelasnya.(*)