Kopaska-TNI-AL-Gelar-Latihan-Thunder-Iron-18-2446-Bersama-US-Navy-Seal

Jakarta – Komandan Kolat Koarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi, SE, MM, bersama USN Representative Shima secara resmi membuka Latihan Thunder Iron 18-2446 antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seal ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan pemasangan pita kepada perwakilan peserta kedua negara di Aula Kolat Koarmada I, Kodamar, Sunter Jakarta Utara, Senin (9/7).

BACA: KRI Bung Tomo-357, Latihan Perkasa Operasi Laga Sagara-18 BKO Guspurlabar, di Laut Utara Natuna

Komandan Kolat Koarmada I menyampaikan bahwa sasaran Latihan Thunder Iron meliputi Aspek Perencanaan yaitu terciptanya kemampuan baik perorangan maupun tim untuk merencanakan sebuah operasi sampai dengan pelaksanaan.

Aspek Operasional yaitu terciptanya kemampuan baik perorangan dan tim untuk mengaplikasikan dan menerapkan semua materi latihan sehingga akan tercipta kesiapsiagaan operasional dalam menghadapi Peperangan Laut Khusus. Aspek Taktik, Teknik dan Prosedur yaitu meningkatkan kemampuan baik perorangan, tim maupun satuan untuk menerapkan doktrin taktis dan teknis yang ada sesuai dengan prosedur yang berlaku di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Aspek Psikologis yaitu terciptanya hubungan emosional yang harmonis, semangat kebersamaan dan kebanggaan sebagai satuan khusus yang berkualifikasi Peperangan Laut Khusus dari kedua negara. Aspek Litbang yaitu mendapatkan data atau temuan-temuan baru guna penyempurnaan doktrin Peperangan Laut Khusus yang berguna untuk pengembangan kekuatan dihadapkan pada tugas dimasa yang akan datang meliputi kesiapan personel, material dan software.

Adapun materi Latihan meliputi MIO/VBSS (Uncompliant), Combat Shooting (Complexity of Technique) Operasi Militer di Lingkungan Perkotaan, Closed Quarters Combat (CQC) atau Pertempuran jarak dekat, Ship Boarding Small Craft Operation (SCO) atau Operasi Sea Rider, UAV (Pemantauan jarak jauh), dan C2 Classes.

Kegiatan Latihan akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 30 Juli 2018 di Kolat Koarmada I, Kemayoran, Lapangan Tembak Senayan Jakarta Pusat dan Perairan Teluk Jakarta dibawah komando dan kendali Pangkoarmada I selaku Penanggung jawab latihan, Paban III/Lat Sops Mabes TNI Angkatan Laut selaku Supervisor latihan, Dansatkopaska Koarmada I selaku Koordinator pelaksanaan latihan.*