Bersama-sama warga dan 12 karyawan MEPN, juga dibantu oleh pasukan LANUDAL Saat pelaksaan mewarnai, pengecatan, (27/02).
Bersama-sama warga dan 12 karyawan MEPN, juga dibantu oleh pasukan LANUDAL Saat pelaksaan mewarnai, pengecatan, (27/02).

Anambas – Medco E&P Natuna Ltd. (MEPN), bersama mitra kerjanya Yayasan Umar Kayam, melaksanakan program pengembangan “Desa Wisata” berbasis masyarakat, program tersebut di laksanakan desa-desa di wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang dimulai dengan pengecatan Desa, berupa pengecatan rumah-rumah penduduk, kantor desa, dan sejumlah Musholla, pada  Wisata Warna Warni Kampung Belibak, di Kecamatan Palmatak, (27/02).

Program Wisata Warna Warni Kampung yang sudah dimulai dari  18 Februari 2018 itu, juga mengecat sebuah bangunan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), satu rumah bidan, serta satu bangunan puskesmas pembantu. Salah satu panitia program mengatakan, “dalam berbagai warna yang telah kami lakukan dengan harapan, lingkungan desa menjadi lebih indah dan menarik.”

Program MEPN itu sangat disambut baik oleh masyarakat, berkontribusi dalam menyumbang dana pengecatan, yang dibantu juga swadaya masyarakat serta dukungan pemerintah desa. Saat pelaksaan mewarnai, pengecatan dilakukan bersama-sama warga dan 12 karyawan MEPN, juga dibantu oleh pasukan LANUDAL dan pemerintah kecamatan.

Kepala Desa Belibak, Marzuki menyatakan dukungannya terhadap program ini. “Saya sangat mendukung program pengembangan desa wisata ini, dan memasukkan biaya pengembangan wisata di Desa Belibak sebagai bagian dari anggaran desa,” ucap Marzuki.

Telah disiapkan juga 4 unit rumah penduduk untuk menjadi hunian wisata (homestay) di mana perbaikan fasilitas berupa toilet duduk, penambahan kasur/springbed, dan

Medco E&P Natuna Ltd. MEPN Dalam Program Cat Rumah Warga
Medco E&P Natuna Ltd. MEPN Dalam Program Cat Rumah Warga

seperangkat alat dapur untuk wisatawan merupakan bagian dari pendampingan program Perusahaan.

“Pengelolaan wisata yang baik sangat diperlukan oleh KKA yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. MEPN melakukan pendampingan kepada desa wisata di KKA, Desa Belibak dan Desa Mampok, agar memiliki kapasitas dalam pengelolaan desa wisata berbasis masyarakat,” ucap Drajat Panjawi, Senior Manager Relations & Security Medco E&P Natuna Ltd.*