Kundur News. Melancong ke Padang Selatan, rasanya kurang pas jika belum mengunjungi Klenteng See Hien Kiong. See Hien Kiong terletak di kawasan Tanah Kongsi, Padang Selatan.

Tanah Kongsisendiri lebih akrab dengan sebutan “kota tua”. Kenapa? Hal itu dikarenakan daerah ini banyak dihuni oleh bangunan-bangunan peninggalan masa lampau.

Konon menurut sejarah, Tanah Kongsi adalah pusat perdagangan kota Padang karena letaknya tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Di daerah tersebut, terdapat sebuah klenteng tua yang banyak dikunjungi oleh para pelancong.

Klenteng ini diperkirakan dibangun pada tahun 1846, ketika orang China dari suku Tjiang dan Tjoan Tjioe mulai ramai berdagang di kota Padang.

Istimewanya lagi, See Hien Kiong merupakan satu-satunya klenteng di Sumatera Barat. Klenteng ini terdiri atas 2 bangunan utama. Bangunan depan terdiri dari serambi depan dan ada pintu masuk berukuran besar, serta ruang dalam yang difungsikan sebagai ruang tunggu.

Kemudian di bangunan kedua, ada tempat altar yang biasa digunakan untuk berdoa dan membakar hio. Di luar bangunan utama, di sebelah kiri dan kanan klenteng terdapat bangunan lain yang digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan keagamaan.

 

(merdeka.com)