Home Featured Nama Nama Pilihan Buat Anak Laki laki Muslim

Nama Nama Pilihan Buat Anak Laki laki Muslim

0
Nama Nama Pilihan Buat Anak Laki laki Muslim

Nama nama pilihan untuk anak laki-laki yang ingin bertemakan Islami. Dipilih sebanyak 25 nama-nama yang disertai dengan arti, barangkali ada yang masih bingung untuk mendapatkan nama bagi si buah hati, nama-nama berikut dapat padankan. Dikutip dari laman merdeka com;

  1. Anfa

Anda tentu ingin buah hati memiliki harga diri atau martabat yang tinggi. Dan karena nama adalah doa, maka Anda bisa menamai buah hati dengan kata Anfa yang dalam bahasa Arab berarti harga diri.

  1. Hajid

Rajin beribadah merupakan kunci seseorang bisa mendapatkan ketenangan dan kedamaian hidup yang maksimal. Nah, Anda bisa memberi nama buah hati dengan Hajid yang memiliki arti seseorang yang rajin berdoa di malam hari dan dalam Islam hal ini berarti rajin melakukan shalat tahajud.

  1. Kamayel

Nama Kamayel memang terdengar unik. Artinya juga indah yakni utuh, tanpa cela, dan sempurna. Tentu saja merupakan nama yang positif bagi buah hati.

  1. Zayan

Nama Zayan termasuk nama bayi laki-laki Islami yang modern dan memiliki makna indah. Dalam bahasa Arab, nama ini memiliki makna keindahan dan keramahan. Sehingga diharapkan buah hati bisa tumbuh menjadi sosok yang demikian.

  1. Rafay

Karena nama adalah doa, maka sudah jelas bahwa Anda akan memberikan buah hati nama dengan makna positif. Begitu juga dengan nama Rafay yang dalam bahasa Arab memiliki arti ditinggikan derajatnya. Penyematan nama ini pun bermaksud agar buah hati Anda tumbuh menjadi orang yang diangkat derajatnya.

  1. Tsabit

Pernahkah Anda mendengar nama Tsabit bin Qurra? Beliau merupakan nama ahli astronomi, fisika, matematika, dan penerjemah dari Arab. Beliau juga menemukan beberapa hal penting di bidang ilmu eksak, bahkan menulis buku berjudul The Composition of Ratio yang menjelaskan tentang rasio kuantitas geometri. Oleh karena itu tak diragukan lagi bahwa pemberian nama ini menjadi doa agar anak Anda tumbuh menjadi sosok yang cerdas.

  1. Rumi

Nama Rumi memang mengambil dari nama Jalaludin Rumi, seorang penyair sufi yang begitu tersohor. Memberikan nama ini akan mendoakannya tumbuh sebagai anak yang cerdas, berpandangan luas, namun selalu ingat akan Tuhan seperti Rumi.

  1. Jafar

Secara etimologi dalam bahasa Arab, nama Jafar memiliki arti anak sungai. Kemudian nama Jafar juga diambil dari nama tokoh astronom dan ahli matematika muslim dari Persia yakni Abu Jafar Muhammad. Sehingga pemberian nama ini menjadi doa agar buah hati Anda tumbuh menjadi seseorang yang selalu dialiri ilmu pengetahuan dan beragam nilai positif lainnya.

  1. Danish

Nama Danish memang terdengar kebarat-baratan. Namun tahukah Anda bahwa kata Danish sering digunakan dalam bahasa Persia dengan makna luas yakni pengetahuan dan kebijaksaan. Sehingga penggunaan nama ini memberi maksud agar buah hati Anda memiliki pengetahuan yang luas dan hati yang bijaksana.

  1. Irtiza

Jika Anda termasuk orang tua yang ingin memberikan buah hati nama yang modern, Anda bisa memakai nama Irtiza. Nama ini berasal dar bahasa Arab yang berarti menyenangkan atau kesayangan. Sehingga diharapkan buah hati bisa bertumbuh menjadi anak yang menyenangkan dan disayang banyak orang.

Dalam Islam terdapat banyak nabi yang namanya bisa Anda pakai sebagai inspirasi untuk menamai bayi laki-laki Anda. Berikut adalah beberapa nama Islami pilihan untuk bayi laki-laki.

  1. Harun

Nabi Harun AS adalah saudara kandung Nabi Musa AS yang memiliki kemampuan untuk memimpin dan berbicara dengan baik serta setia. Sehingga diharapkan buah hati Anda kelak nantinya akan memiliki sifat demikian.

  1. Haidar

Dalam bahasa Mesir kuno, nama Haidar memiliki makna singa prajurit yang kuat dan gagah berani. Tentu saja kata ini cocok untuk menamai bayi laki-laki.

  1. Abizar

Abizar berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menyebarkan. Hal ini tentu sama dengan kisah Abizar Al Ghifari yang menjadi penyebar sekaligus pejuang agama Islam yang berani dan setia.

  1. Khalid

Kata Khalid bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama buah hati berjenis kelamin laki-laki. Sebab dalam bahasa Arab, Khalid memiliki arti keabadian, kuat, dan berani dalam menegakkan keadilan.

  1. Nizami

Nama Nizami diambil dari penyair Persia bernama Nizami Ganjavi. Nizami tak hanya dikenal sebagai penyair romantis namun juga memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam berbagai bidang seperti di ilmu eksak hingga botani.

  1. Attar

Nama penyair Islami zaman dahulu memang romantis dan terdengar gagah. Seperti nama Fakhruddin Attar yang menjadi nama pena dari Abu Hamid. Dalam bahasa Arab sendiri kata Attar berarti minyak esensial bunga.

  1. Farabi

Al Farabi adalah filsuf dari Damaskus, Syria yang juga merupakan seorang ilmuwan. Sehingga kecerdasannya tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu nama Farabi bisa memberikan pengaruh yang positif untuk buah hati Anda.

  1. Razi

Nama ilmuwan muslim lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menamai buah hati adalah Razi dari nama Zakaria ar Razi asal Persia. Sedangkan dalam bahasa Arab, Razi memiliki arti kepuasan.

  1. Sina

Ibnu Sina merupakan nama ilmuwan yang begitu terkenal dari Persia. Hidupnya beliau dedikasikan dalam bidang kedokteran, filsafat, serta pengobatan. Selain bermakna cerdas, Sina sendiri memiliki arti diberkahi dalam bahasa Latin.

  1. Haitham

Nama Haitham terdengar unik serta gagah. Nama ini sendiri diambil dari nama ilmuwan Arab, Ibnu Haitham yang menjadi ilmuwan pertama saat menjelaskan konsep penglihatan. Kemudian, dalam bahasa Arab yang bermakna elang muda yang tentu saja memiliki kesan gagah, kuat, dan pemberani.

Jika Anda masih merasa kebingungan untuk merangkai nama bayi laki-laki agar tidak terdengar norak? Dilansir dari Lifeblogid, berikut adalah beberapa rangkaian nama yang bisa Anda jadikan inspirasi.

  1. Arsenio Akbar = Laki-laki kuat besar yang gagah berani
    Arsenio = Gagah berani
    Akbar = Besar
  2. Ehud Azel = Seorang laki-laki yang bersatu dalam kebaikan
    Ehud = Bersatu
    Azel = Kebaikan
  3. Oved Fidelis = Seorang laki-laki menjadi penyembah yang beriman
    Oved = Penyembah
    Fidelis = Beriman
  4. Titus Aldrich = Seorang laki-laki bagai raja yang terhormat
    Titus = Terhormat
    Aldrich = Raja
  5. Zain Hamizan = Anak laki-laki tampan yang kuat laksana mahkota raja.
    Hamizan = Cerdik, kuat, tampan
    Zain = Mahkota, perhiasan**