Home Kepri Batam Panglima TNI : Rumah Sakit Khusus Covid-19, 3 Hari Lagi Sudah Siap

Panglima TNI : Rumah Sakit Khusus Covid-19, 3 Hari Lagi Sudah Siap

0
Panglima TNI : Rumah Sakit Khusus Covid-19, 3 Hari Lagi Sudah Siap

Kundur News, BATAM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV  Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, bersama pimpinan TNI dan Polri serta unsur FKPD Provinsi Kepri menyambut kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, dan Menteri PUPR RI, Mochamad Basoeki Hadimoeldjono, di VIP Room Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3).

Kedatangan Panglima TNI, Kapolri dan Menteri PUPR RI ke Batam adalah dalam rangka meninjau secara langsung pembangunan Rumah Sakit Khusus bagi pasien inveksi virus corona (covid-19). Lokasi peninjauan tersebut terletak di bekas rumah sakit pengungsi Vietnam di Pulau Galang Kepulauan Riau.

Didepan awak media saat memberikan keterangan persnya setelah meninjau lokasi pembangunan mengatakan “Saat ini kita semua sudah melihat proses pembangunan Rumah Sakit Khusus di Pulau Galang, ada beberapa fasilitas diantaranya tempat observasi kemudian isolasi termasuk pendukung untuk tenaga medis dan sarana medis lainnya yaitu ruang farmasi, radilogi juga termasuk laundry”, tuturnya.

Dikatakan juga “Kesiapan pembangunan sudah mencapai 78%, tiga hari lagi Rumah Sakit ini sudah siap, namun kita masih perlu melatih tenaga medis, agar bisa mengoperasikan Rumah Sakit ini hingga efektif dioperasionalkan”, jelasnya.

Lebih jauh Panglima TNI menjelaskan  “Pembangunan terus dilaksanakan sampai dengan target yang kita inginkan tercapai, saat ini untuk ruang observasi sudah siap 340 tempat tidur dan untuk ruang isolasi sudah siap 20 tempat tidur, ruang isolasinya berbeda karena yang ICU dilengkapai dengan ruangan tekanan negative, AC standar HEPA, oksigen dan kamar mandi ada didalam.

Kemudian peralatan akan masuk  besok pagi, akan diterbangkan dari Jakarta menuju Batam dengan didukung pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, sampai di sini akan di install dan digelar, hingga harapan kita  dari 340 ruangan observasi, 20 ruang isolasi termasuk sarana pendukungnya semuanya siap”, ungkapnya

Panglima TNI berharap”Mari kita sama-sama berdoa mudah-mudahan Rumah Sakit Khusus ini dapat operasional dengan baik seperti harapan kita semua”, pungkasnya.

Panglima TNI, Kapolri dan Menteri PUPR setelah dari Pulau Galang, melanjutkan penerbangannya dari VIP Bandara Hang Nadim untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat khusus Boing 737 milik TNI Angkatan Udara.*