Karimun – Peresmian dan Penilaian Kampung Tangguh Seligi Desa Lubuk Kecamatan Kundur dalam rangka mendukung Program Kampung Tangguh Nasional, yang diresmikan oleh Wakapolres Karimun, Kompol Krisna Ramadhani, dan Wakli Bupati Karimun, H Anwar Hasyim, pada Rabu (10/02/2021).

“Ini adalah program Nasional, suatu Desa atau Kelurahan yang menjadi Kampung Tangguh Seligi akan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupannya sehari-hari dan juga menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19, sinergitas TNI Polri dan Pemkab Karimun beserta semua elemen dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Krisna Ramadhani.

Peresmian dan penilaian kampung tangguh, merupakan upaya TNI-Polri untuk meminimalisir segala dampak sosial yang terjadi selama pandemi yang mewabah pertama kali di Indonesia sejak Maret 2020 lalu.

Pj Kepala Desa Lubuk, Rudiyanto, berterimakasih kepada wakil Bupati dan pihak Polres Karimun yang telah berkesampatan hadir ke desa Lubuk dalam peresmian dan penilaian kampung Tangguh Seligi. Dia juga menerangkan selama pademi covid-19, masyarakat desa Lubuk terus mematuhi protokol kesehatan.

“Selain kita telah membagi-bagikan sebanyak 5 juta masker, selama pademi ini kita juga telah menutup obyek wisata pantai Lubuk sebanyak dua kali,” kata Rudi.

Selain menerapkan protokol kesehatan, sambung Rudi, masyarakat desa juga memberdayakan kemampuannya dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan hingga usaha lainnya sebagai bentuk upaya meningkatkan perekonomian.

“Ada tanaman, perternakan ayam, perternakan lele, lumbung pangan berupa stock beras dan ketersediaan sembako, pembuatan kerupuk emping, keripik ubi, tanaman toga atau obat Keluarga serta ketahanan pangan berupa tanaman seperti singkong, jagung, tebu, cabe dan lainnya,” kata Rudi.

Wakil Bupati Karimun, Anuar Hasyim mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karimun bekerjasama dengan semua elemen masyarakat guna menekan penyebaran Covid-19, Vaksin Covid 19 juga telah didistribusikan ke masing-masing Kecamatan.

Peresmian Kampung Tangguh Seligi, desa Lubuk, Kundur
Peresmian Kampung Tangguh Seligi, desa Lubuk, Kundur

“Penyuntikan tahap pertama telah disuntikkan ke tenaga kesehatan serta mengharapkan untuk tahap berikutnya agar semua masyarakat dapat mendapatkan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan, dengan 3 M.

“Masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 3 M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak,” tukasnya.

Kegiatan tersebut juga menampilkan kompang dari group kompang dusun II desa Lubuk, dan pencak silat dari dusun I pada pembukaan acara.

Persemian ditandai dengan pemukulan gong, serta ditutup dengan peninjauan fasilitas Kampung Tangguh seperti cek poin, Posko Keamanan/Informasi, Ruang Karantina, Tempat Evakuasi, Ketahanan Pangan berupa Tanaman cabe, singkong, jagung dan peternakan ayam petelur serta Lumbung Pangan.*