Pertama Di Kabupaten Karimun, Desa Degong Sediakan Rumah Tinggal Gratis Bagi Mahasiswa

Belat – Untuk meningkatkan kualitas SDM bagi putra putri desa khususnya putra putri Desa Degong, Kecamatan Belat, berbagai cara yang dilakukan kepala desa Abdul Ali. Mulai dari penyediaan internet gratis bagi siswa dan mahasiswa, pembanguan TPQ, hingga penyediaan sarana transportasi laut gratis bagi siswa yang melanjutkan sekolah ke Kecamatan.

Tekad Abdul Ali ternyata tidak sampai disitu, menariknya, kepala desa Kelulusan di salahsatu Universitas di Sumatra Utara ini melalui dana desa dapat menyediakan rumah tinggal gratis bagi Mahasiswa mahasiswi di Tanjungpinang. Tentu saja hal yang baru kita dengar ini menjadikan motivasi tersendiri, tidak hanya motivasi bagi anak tapi juga orang tua.

Abdul Ali saat dikonfirmasi mengatakan, penyewaan rumah tinggal di kampus-kampus di Provinsi selama ini menjadi salahsatu momok bagi siswa dan orang tua. Betapa tidak, orang tua harus bersusah payah menyisihkan banyak uang hanya untuk membayar sewa rumah.

“Belum biaya makan, biaya listrik, dan transportasi ke kampus, tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan orang tua. Dengan adanya rumah sewa gratis ini kita harapkan dapat membantu beban bagi orang tua dan tentu mengurangi beban psikis bagi anak. Jadi mereka tinggal bayar listrik saja,” ujar Kades Dengong Abdul Ali, Kamis (22/06/23).

Program rumah gratis bagi mahasiswa desa Degong

Dikatakannya lagi, penyewaan rumah tinggal bagi putra putri desa biasanya menjadi salah satu hambatan bagi orang tua dalam menguliahkan anak, apalagi bagi orang tua yang berpenghasilan pas-pasan.

“Saya sebagai orang tua yang sudah merasakan berapa sulitnya kuliah dengan berbagai hambatan, setelah saya berikan amanah ini maka saya ingin membantu anak anak Degong agar bisa fokus lagi belajar dan dapat mengurangi beban orang tua. Mudah-mudahan program ini dapat meningkatkan semangat anak dan orang tua yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi – perguruan tinggi di Tanjungpinang dengan harapan dan doa kepada allah SWT, mudahan desa degong semakin maju dengan SDM berkualitas,” ujar Abdul Ali.

Ada sebanyak 3 kamar dari beberapa mahasiswi yang memanfaatkan fasilitas rumah gratis tersebut. Abdul Ali juga berjanji akan menyewakan rumah yang besar lagi jika jumlah Mahasiswa atau mahasiswi Degong bertambah.

Program Abdul Ali ini merupakan program perdana bagi desa, khususnya desa-desa yang ada di Kabupaten Karimun. Semoga program tersebut dapat dicontoh oleh desa-desa lain.(*)

Previous articleBupati HM Wardan Melepas Secara Langsung Pawai Ta’ruf Sekaligus Meresmikan Bazar MTQ ke- 51 GAS
Next articleRagam Pentas Seni Asahan Dalam PRSU Ke-49 Tahun 2023