Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat melepas Jalan Sehat PESONA
Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat melepas Jalan Sehat PESONA

Kundur News – Denpasar – Para Pramuwisata (Guide) di Bali diingatkan tidak melakukan aksi penipuan dalam bekerja memandu wisatawan. Para Pramuwisata di Bali diingatkan untuk bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku, untuk menjaga citra pariwisata Bali.

Peringatan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta usai melepas Jalan Sehat PESONA “Pentas, Seni, Budaya, Olahraga dan Amal” dalam rangka memperingati HUT Divisi Domestik Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali ke 12, yang diselenggarakan di Parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar pada Minggu (4/6).

Sudikerta berpesan kepada para pramuwisata yang tergabung dalam HPI untuk turut menjaga pembangunan pariwisata Bali. Pramuwisata merupakan garda terdepan dalam mempromosikan Bali kepada para wisatawan domestik maupun internasional. Melalui pramuwisata juga memberikan cerminan kepada para wisatawan keramahan maupun sikap kedisilpinan orang Bali.

Sudikerta berharap para guide dapat melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya, tidak hanya sekedar mencari rejeki tapi juga dapat membawa harum nama Bali didepan para wisatawan. “Saya minta teman-teman guide untuk tidak mencari rejeki semata dengan menetapkan harga terlalu tinggi kepada wisatawan, apalagi melakukan aksi penipuan”  kata Sudikerta.

Disisi lain, Ketua Panitia HUT HPI ke-12 Ni Ketut Diarti berharap dengan perayaan HUT HPI ini dapat terus meningkatkan jalinan persatuan dan persaudaraan antar komisariat serta dapat membawa dampak positif pada kinerja HPI dalam mendukung pembangunan pariwisata Bali.*