Sekda Kabupaten Asahan Buka Rapat Koordinasi dan Pembentukan TPKJM

ASAHAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si membuka rapat Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Aula Melati Hotel Antariksa Kisaran, Kamis (24/08/2023). Turut hadir, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakili Kapolres Asahan, OPD, Camat, Kapus dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Emi Juniarita Br Barus pada laporannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan rapat koordinasi TPKJM adalah tercapainya komitmen TPKJM membuat rencana aksi dalam mendukung upaya meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat.

Ditempat yang sama Bupati Asahan pada pidato tertulisnya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan mengatakan TPKJM merupakan suatu wadah koordinatif lintas sector dalam pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan psikososial dengan bekerja sama pada lintas sector terkait, peran serta masyarakat, kemitraan swasta, LSM, kelompok profesi dan organisasi masyarakat. Wadah koordinatif ini secara terpadu dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi masalah kesehatan jiwa sehingga akan terbentuk prilaku hidup sehat sebagai individu, keluarga dan masyarakat yang memungkinkan setiap orang hidup lebih produktif secara sosial dan ekonomis.

“Ada beberapa lintas sektor yang mengambil peran dalam penanggulangan kesehatan jiwa masyarakat antara lain Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan BKAD. TPKJM ini Diharapkan dapat menjadi wadah untuk koordinatif dan pengawasan pada kesehatan jiwa masyarakat dalam upaya Promotif, Preventif Kuratif dan Rehabilitatif”, ucap John menutup pidatonya.(Bg)

Previous articleWakil Bupati Asahan Ikuti Malam Kenduri Kesenian Jarang Kepang
Next articleBupati Asahan Tandatangani MoU dengan Universitas Brawijaya Malang