Kundurnews – Penyebab Multiple Sclerosis (MS) hingga saat ini belum diketahui. Para dokter ahli saraf di seluruh dunia pun sampai sekarang masih melakukan penelitian untuk mencari penyebab pasti penyakit langka ini.

“Multiple Sclerosis adalah suatu penyakit sistem saraf otak akibat kerusakan myelin – yaitu pelindung saraf yang berfungsi seperti pelindung pada kabel listrik dan memudahkan saraf mengirim impulsnya dengan cepat,” kata Dr. dr. Yusak MT Siahaan, SpS, dokter ahli saraf di Siloam Hospitals Lippo Village, Senin (14/11).

Yusak yang menulis buku tentang Multiple Sclerosis (MS) dengan judul Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis ini menjelaskan, kerusakan pada myelin berakibat multi efek. Akan tetapi gejala ini tidak sama terhadap semua penderitanya. Itulah sebabnya sulit sekali mendeteksi dan menangani gangguan Multiple Sclerosis.

Di ‎Siloam Hospitals, tim spesialis saraf telah menangani puluhan penderita MS dan angka ini cenderung meningkat. Di sisi lain, masyarakat masih sangat awam dan bahkan tidak tahu apa itu MS dan bagaimana gejalanya.

Dengan kepedulian ini Siloam Hospitals Lippo Village berupaya menginformasikan kepada khalayak ramai bahwa MS ada di sekitar kita dan harus ditemukan sedini mungkin agar kondisi pasien tidak lebih buruk.

Hingga saat ini masih banyak tenaga medis maupun khalayak umum belum mengenal dengan benar bagaimana gejala dini MS. Ketidaktahuan ini mengakibatkan lambatnya penanganan dan rumitnya proses penyembuhan.

‎Kepedulian ini disampaikan oleh Siloam Hospitals dengan dua cara. Pertama yaitu melalui seminar medis untuk kalangan dokter, agar tenaga medis terpapar secara benar apa saja gejalanya dan bagaimana tatalaksana pasien dengan MS.

Kedua, menerbitkan buku khusus untuk awam dengan judul Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis agar masyarakat umum bisa mempelajarinya dengan mudah itu MS dan bagaimana pengobatannya.

“Harapannya, melalui kedua hal ini maka informasi yang benar mengenai MS bisa tersebar luas, dan masyarakat tahu bahwa di Siloam Hospitals Lippo Village  ada tenaga medis yang ahli dan mengetahui bagaimana mendeteksi dini gejala Multiple Sclerosis sampai pengobatannya.” ujar dr. Jeffry Oeswadi, MARS, wakil Chief Executive Officer, Siloam Hospitals Lippo Village.*

 

(JPNN)

Previous articleCalon Pengantin Akan Dites Kesehatan Reproduksi
Next articlePDIP Tegaskan Dukungan Penuh ke Ahok-Djarot

Patroli Bersepeda Dalam Pengamanan Tahun Baru Imlek

Batam – Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada malam perayaan tahun baru Imlek di Kota Batam Polda ...
Read More

Polisi Ungkap Penempatan TKI Ilegal

Batam – Satu orang pelaku berinisial P R alias M, Perempuan, Warga Negara Malaysia yang berperan sebagai perekrut serta penjemput ...
Read More

Pawai Ta’ruf MTQ Desa Kundur Berlangsung Meriah

Prayun - Pawai Ta'ruf Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat desa Kundur, dilepas secara resmi oleh Camat Kundur Barat, Murnizam, yang ...
Read More

Diduga Membully Siswinya 4 Orang Diperiksa

Anambas - Atas perintah Kapolres Kepulauan Anambas, Kasat Reskrim beserta anggota memeriksa empat orang dari kasus dugaan guru membully siswinya, ...
Read More
Loading...
loading...