Inhil – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupatan Indragiri Hilir H Yulizal melakukan kunjungan dan Pembinaan ke Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan. Harun Al- Rasyid jalan Gerilya kecamatan Tembilahan Hulu kabupatan Indragiri Hilir.Dalam kunjungannya ke Perpustakaan Harun Al-Rasyid STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, kadis DPAD Inhil didampingi Kasi pelayanan Siti Marwah, Kasi Pengelolaan Hj Kasmawati.

“Hari ini kami melakukan kunjungan ke Perpustakaan Harun Al-Rasyid STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, untuk melakukan pembinaan tentang perpustakaan, tadi juga kita sudah MoU bersama-sama dengan Ketua Perpustakan,” sebut H Yulizal kepada awak media saat diwawancarai, Jum’at (9/4/2021) pagi.

Kadis DPAD Inhil Yulizal mengatakan setelah melihat kondisi perpus Al-Rasyid STAI cukup baik, sudah ada kelasipikasi penyusunan tentang buku-buku.

“Iya tadi saya tanya koleksi tentang buku-buku, hampir 9000 buku, Yadi udah lumayan,” katanya.

Lanjut Yulizar, Mudah-mudahan Kedepannya perpus Al-Rasyid membuat pustaka dari kompisonal Menjadi digital. Apabila sudah menjadi pustaka digital dengan sendirinya nantinya bukan hanya mahasiswa-mahasiswi tetapi bisa di memanfaatkan untuk orang sekitar.

“Jadi saya berharap lah, terutama pengelolaan perpustakaan yang belum trageritasi belum ada nomor pokok pustaka tolong didaftar kepustaka nasional, kalau sudah ada itu mudah kerena itu sarat salah satu memohon bantuan buku-buku Nasional,” tandasnya.

H Yulizal, untuk kedepannya pustaka Harun Al-Rasyid mempersiapkan Akreditasi walupun tidak tinggi nilainya tetapi udah baru dapatkan dikatakan perpus legal.

“Mudah-mudahan dengan diperhatikan Perpustakan nasional untuk kedepannya Perpustakan Harun Al-Rasyid STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dapat berkembang jauh dari pada sekarang ini,” ucap H Yulizal.

Senada itu Pimpinan STAI Auliaurrasyidin Syarifuddin S.Pd.I, M.Pd.I yang juga merupakan Pembina Perpustakan Harun Al-Rasyid saat ditemui di lokasi menyambut baik kedatangan dari kadis DPAD Inhil untuk melakukan pembinaan terhadap pustaka yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

“Iya kami STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dengan kedatangan DPAD sangat senang ada perhatian kepada Perpustakan Harun Al-Rasyid, jadi selama ini kurang ada perhatian dengan dikunjungi dan diberikan pengetahuan tentang mengelola perpus, kedepannya kami bisa memahami,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan akan mengikuti apa saran-saran dari DPAD Inhil untuk melengkapi yang masih kurang sehingga mendapatkan akreditasi yang baik.

Dikatakan Syarifuddin, perpus Harun Al-Rasyid memiliki dua orang Pustakawan. “Mereka memang lulusan sarjana Perpustakaan, yang memang kita minta dan berikan amanah untuk mengelola perpus Harun Al-Rasyid STAI Auliaurrasyidin,” sebut Pembina Perpus Harun Al-Rasyid.

Terakhir ia sangat berterima kasih atas perhatian dan masukan yang diberikan oleh Pak Yulizal dan jajarannya.

“Saat ini perpustakaan stai Auliaurrasyidin sedang mempersiapkan proses akreditasi pustaka, Semoga kedepannya pustaka Harun Al-Rasyid menjadi pusat gudang ilmu untuk mahasiswa-mahasiswi dan kalau bisa untuk umum,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu juga tampak antara DPAD Inhil dan Pengelola perpustakaan melakukan tanda tangan MoU.

Hadir dalam kunjungan tersebut, selain Kadis DPAD dan Ketua STAI Auliaurrasyidin, yaitu Wakil Ketua 1, M. Ridhwan, Wakil 2 Dedi Yusuf M.PdI, Pustakawan Revi Maulani SIP., Siti Marwah SE Hj Kasmawati
serta jajaran Kampus dan DPAD Indragiri Hilir.