70-Ton-Beras-Ketan-Thailand-Diamankan-Bea-dan-Cukai

KARIMUN – Sebanyak 70 ton lebih beras ketan berhasil diamankan oleh tim patroli Kanwil DJBC Khusus Kepri. Beras ketan tersebut dibawa oleh KM Rezeki dari Thailand tujuan Indonesia yang ditangkap di perairan Sungai Padang, Minggu kemarin (4/2).

BACA: Sabu Yang Dibawa Kapal Berbendera Singapura Ternyata Capai 3 Ton

Usai melakukan penangkapan, kapal bersama lima orang Anak Buah Kapal (ABK) dan satu nakhoda digiring menuju Kanwil DJBC Khusus Kepri untuk proses lebih lanjut.

Humas Kanwil DJBC Khusus Kepri Refly Silalahi mengatakan, penangkapan itu dilakukan oleh kapal patroli bernomor 30001 di titik koordinat 03o-32′-54” U / 099o-20′-24. Ketika dilakukan pemeriksaan ditemukan muatan lebih kurang 70 ton beras ketan sebagaimana pengakuan dari nakhoda.

“Saat kita periksa, didalam kapal itu terdapat 2733 karung beras ketan berasal dari Satun, Thailand yang akan dibawa ke Indonesia,” kata Refly, Senin (12/2).

Dari jumlah 2733 karung itu, 406 karung diantaranya merupakan beras ketan basah yang terkena air laut saat dalam pelayaran. Sedangkan nilai dari keseluruhan barang tegahan itu mencapai Rp1,229 Miliar.

Kelima ABK dan satu nakhoda yang kesemuanya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) telah ditahan di Kanwil DJBC Khusus Kepri berikut barang bukti berupa kapal dan muatannya untuk diproses lebih lanjut.(*)