Anuar Hasyim: ‘UKS Sejalan Dengan Karimun Bersih’

Keberadaan UKS sangat penting guna memberikan pendidikan kesehatan bagi para siswa di sekolah, sehingga dapat diamalkan pola hidup bersih dan sehat setelah pulang sekolah atau menyatu dengan lingkungan dan keluarganya.

KARIMUN – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sangat erat kaitannya dengan program Karimun Bersih yang telah dicanangkan pemerintah daerah, dalam hal menjaga kebersihan lingkungan yang dampaknya kepada kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu keberadaan UKS sangat penting guna memberikan pendidikan kesehatan bagi para siswa di sekolah. Sehingga akan mengamalkan pola hidup bersih dan sehat setelah pulang sekolah atau menyatu dengan lingkungan dan keluarganya.

“Kita semua yang hadir disini adalah yang dipercayakan untuk duduk didalam tim pembina UKS. Oleh karena itu bicara soal kesehatan memang kita harus mulai dari pendidikan kesehatan sendiri, dan yang paling dominan adalah di sekolah. Sehingga bagaimana pertmuan hari ini dapat memberikan kontribusi untuk memberdayakan sekolah hidup sehat,” kata Anwar saat membuka pertemuan TP UKS Kabupaten Karimun di Hotel Maximillian, Selasa (4/4).

Seluruh pembina di masing-masing Kecamtan dalam hal ini para camat ditegaskan agar berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah, yang kemudian nantinya akan dilakukan evaluasi di setiap Kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi menilai fasilitas UKS di seluruh sekolah Kabupaten Karimun sangat berperan penting. Karena menjadi ujung tombak bagi keluarga untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Kedepan kita akan terus menggalakkan dan mengaktifkan seluruh UKS di semua sekolah. Bagi sekolah yang tidak ada guru UKS nya nanti akan kita tentukan. Sehingga semua dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan”.*