Bupati Karimun Aunur Rafiq menyematkan pita kepada perwakilan personel dalam apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Seligi 2023 di Polres Karimun, Senin (17/4)

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq memimpin upacara dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 di Polres Karimun, Senin (17/4).

Dalam apel yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia di seluruh jajaran Polri itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq membacakan amanat dari Kapolri.

“Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga hari raya Idul Fitri 1444 H akan berjalan lancar, serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” kata Aunur Rafiq.

Pesan yang dibacakan itu juga menyebutkan, demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang. Dengan klasifikasi antara lain angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, pengantaran uang, kendaraan membawa hewan ternak, pupuk dan bahan pokok penting.

Oleh karena itu, perlu dipastikan kendaraan-kendaraan tersebut agar dilengkapi surat muatan, yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan.

“Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang beroperasi diluar ketentuan, maka segera lakukan penindakan. Pelaksanaan Ops Ketupat tahun ini kita perlu lebih berhati-hati,” sebutnya.

Aunur Rafiq berpesan, agar seluruh pihak yanh terlibat dalam operasi tersebut senantiasa menjaga kesehatan, tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Serta niatkan setiap melaksanakan tugas adalah sebagai ibadah.

Tak kalah pentingnya, tanamkan dalam diri bahwa apa yang dilakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, serta merupakan bagian dari ibadah itu sendiri.

Kepada seluruh pihak yang bertugas, ditekankan agar dapat melaksanakan operasi tersebut dengan penuh tanggung jawab, serta harus didukungan penuh oleh masyarakat. Selain itu tingkatkan semangat dan rasa kebersamaan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Terimakasih kepada seluruh personel TNI-Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainya, yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Aunur Rafiq.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam menyampaikan, dalam Ops Ketupat Seligi 2023, Polres Karimun mendirikan pos yang terdiri dari tujuh pos pelayanan, dua pos pengamanan dan satu pos terpadu di pelabuhan domistik.

“Kita mengerahkan 261 personel, yang tergabung dalam personel Polres serta instansi terkait lainnya,” ucap Ryky Widya Muharam.

Pengamanan dilakukan dimulai sejak tanggal 18 April, hingga 1 Mei 2023.(*)