Enok  — Selain Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD terutama satuan kewilayahan harus mampu secara optimal bekerja di lapangan dalam melaksanakan pembinaan teritorial untuk mempertahankan keutuhan NKRI serta dalam rangka untuk meningkatkan hubungan yang erat antara Babinsa dengan warga binaan.

 

Sebagai contoh apa yang di lakukan oleh anggota Koramil 02/Tanah Merah (TM) yang kesehariannya menjabat sebagai Babinsa di desa Rantau Panjang, dengan melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial) bersama masyarakat dengan menghadiri acara di salah satu rumah warga.

 

Mengahdiri undangan warga merupakan wujud kepedulian Babinsa. Dengan seperti itu dirinya bisa bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat maupun tokoh agama di wilayah binaan.

 

“Kegiatan Komsos ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi yang baik dan mempererat hubungan kekeluargaan dengan warga binaan agar tercipta suasana yang nyaman dan sejuk sehingga memperlancar tugas Babinsa di lapangan. Kehadiran Babinsa di kegiatan gotong royong tersebut sebagai bentuk kemanunggalan TNI kepada Rakyat, karena dimana Rakyat membutuhkan TNI begitu juga dengan sebaliknya,” kata kopda Muhammad Adrian.

 

Sementara itu Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim saat di konfirmasi awak media mengatakan, “Komsos yang di lakukan oleh anggota Babinsa Nya merupakan salah satu metode binter yang dapat dilaksanakan secara langsung oleh setiap Babinsa, guna membangun pemahaman dan pengertian bersama serta mewujudkan tujuan bersama guna terwujudnya NKRI Yang berdaulat.

 

“Dengan Komsos yang dilaksanakan secara rutin diharapkan terjadi sinergitas antara Babinsa, dan warga maka akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat serta dapat menciptakan situasi wilayah yang selalu aman dan kondusif,” jelas Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim.