Babinsa Koramil 02/TM Serda Oki Sandra dengan MPA Giat Pantauan Karhutla di Wilayah Desa Sungai Rukam 

Enok  — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, Serda Oki Sandra bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah desa Sungai Rukam, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (9/1/2023) pagi.

 

Serda Oki Sandra mengatakan, patroli bertujuan untuk memastikan titik rawan kebakaran dan juga memberikan sosialisasi dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan yang dapat merugikan semua pihak.

 

“kita mengajak beberapa warga, kita lakukan patroli mendatangai daerah yang kita anggap rawan terjadinya kebakaran, sekaligus kita memberikan himbauan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk kepentingan apapun,” ungkap Serda Oki Sandra.

 

Ia menuturkan, pelaksanaan patroli serta sosialisasi karhutla merupakan salah satu upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat sebab karhutla banyak merugikan masyarakat, baik dari segi kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

 

Lanjutnya, dengan patroli ini masyarakat lebih peduli serta berperan aktif dalam melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

 

“Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada pernafasan. Kalau sanksinya adalah denda miliaran Rupiah dan penjara,” tutupnya.

Previous articleCiptakan Kedekatan, Kopda Abdul Haris Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Giat Komsos dengan Warga Binaan  
Next articleSerma Boy R Sitompul Giat Komsos dengan Warga Binaan, Rangka Menjalin Keakraban