Enok  — Untuk memastikan wilayah binaannya bebas dari kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Komandan Koramil (Danramil) 02/Tanah Merah Letda Inf Agusturahim kerahkan Babinsa Serda M Pasaribu Melaksanakan patroli teritorial ke Desa Sungai Ambat, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (18/5/2023).

 

Patroli digalakkan, agar wilayah rentan kebakaran seperti hamparan semak belukar, hutan bahkan lahan gambut yang ada di wilayah itu tetap terjaga keasriannya dan tak terpapar kebakaran.

 

Bila hal itu sampai terjadi, kebakaran bisa meluas dan menyebabkan bencana seperti kerusakan lingkungan hidup dan ekosistem flora serta fauna, udara akan tercemar polusi asap berujung ancaman kesehatan bagi masyarakat.

 

Untuk mencegah hal itu, Babinsa dikerahkan untuk berpatroli. Setiap wilayah nan rentan api disasar, untuk Sabtu siang ini, pihaknya sasar lokasi yang berkoordinat : -0,537774”S, 103,14538, 15,6m, 260° “E di desa Sungai Ambat, kecamatan Enok.

 

“Babinsa kita, Serda M Pasaribu hari ini laksanakan patroli Karhutla di Desa Sungai Ambat. Dalam patrolinya, Babinsa tidak temukan adanya titik api. Situasi kondusif,” jelas Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim.

 

Meskipun demikian, kata dia, pihaknya tak mau berlengah diri. Sikap siaga dan mawas diri diperlukan sebagai bentuk pencegahan dini terhadap potensi Karhutla. ”

 

Walaupun aman, Babinsa tetap gencarkan patroli. Seraya itu, imbauan kepada warga juga disuluhkan agar tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar tumbuhan di atasnya.

 

” Dampak Karhutla sangat merugikan dan merusak lingkungan, makanya kita cegah sejak dini,” pungkasnya.