Enok – Terus meningkatkan pengawasan untuk menjaga tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah teritorial Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil melalui Babinsa bersama dua masyarakat peduli api (MPA) melaksanakan patroli rutin.

 

 

Kegiatan patroli Karhutla dilakukan oleh Serda Yuli Hendra Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, di desa Sungai Lokan kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Sabtu (29/4/2023) pagi.

 

 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa desa Sungai Lokan Serda Yuli Hendra, mengatakan patroli ini terus di laksanakan upaya pencegahan terjadinya kebakaran di wilayah binaannya dengan titik Koordinat 0°25’35”, 103°32’43”, 329°.

 

 

“Sosialisasi ini juga disebabkan kurang pahamnya masyarakat tentang bahaya akibat dari kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

 

 

Tambahnya lagi, disebabkan dari kelalaian masyarakat membuang puntung rokok, pada saat melaksanakan aktivitas di lahan perkebunan dan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan.

 

 

“Selain melaksanakan sosialisasi karhutla, bersamaan juga kita sosialisasi untuk mencegah penularan Covid-19 terus aktif mengimbau kepada masyarakat di desa-desa yang ada di seluruh penjuru wilayah binaan Koramil 06/Kateman,” pungkasnya.

 

 

Terkahir dikatakannya, dalam pelaksanaan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut di desa Sungai Lokan, tidak ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

 

“Pada saat kita giatkan patroli di wilayah-wilayah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan tidak ada kita temukan titik hotspot dan hasilnya nihil,” tutup Serda Yuli Hendra.